Sukses

Ratusan Rumah di Bima Terendam Banjir

Akibat diguyur hujan selama tiga jam, ratusan rumah di Desa Kowo, Kabupaten Bima, dilanda banjir bandang setinggi setengah meter. Ratusan rumah dan sejumlah sekolah di Desa Kowo ikut terendam.

Liputan6.com, Sumbawa: Akibat diguyur hujan selama tiga jam, ratusan rumah di Desa Kowo, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/3) dilanda banjir bandang setinggi setengah meter. Ratusan rumah di sepanjang Sungai Kowo terendam banjir  lebih tinggi dan berarus deras, hingga membahayakan warga.
 
Luapan air sungai dari Pegunungan Kowo itu juga mengakibatkan sejumlah sekolah ikut terendam, termasuk jalur lintas Sape-Bima. Akibatnya, para pengendara sepeda motor tujuan Bima mengalami kesulitan saat melalui jalur tersebut.
 
Menurut warga, banjir kali ini sudah yang kesekian kalinya setiap hujan turun. "Mau lama mau sebentar hujannya, tetap banjir. Kalau hujannya besar bisa tenggelam semuanya ini," kata seorang warga Desa Kowo, Ahmad kepada SCTV.

Diduga banjir yang menerjang kawasan tersebut lantaran kerusakan hutan di wilayah Kowo. Warga juga mengeluhkan saluran irigasi dan menyempitnya Sungai Kowo akibat bangunan di sekitar bantaran sungai.

Warga yang menjadi korban banjir memilih mengungsi ke desa terdekat untuk menghindari semakin meluapnya Sungai Kowo. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.