Sukses

Terekam CCTV, Maling Kotak Amal Masjid di Petukangan Tertangkap

Polisi membekuk pelaku di kawasan Pesanggrahan kurang dari 24 jam setelah rekaman video CCTV aksi pencurian tersebar di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akhirnya menangkap maling kotak amal di Masjid Darul Falah, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Aksi pencuri itu sempat hebohkan warga karena terekam kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV).

Polisi membekuk pelaku di kawasan Pesanggrahan kurang dari 24 jam setelah rekaman video CCTV tersebut tersebar di dunia maya.

Kapolres Jakarta Selatan Komisaris Besar Mardiaz Kusin Dwihananto mengungkapkan, tim yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Pesanggrahan Iptu Budi Bowo langsung menelusuri pria yang wajahnya terekam dalam kamera Closed Circuit Television (CCTV) setelah mendapat laporan dari warga setempat.

"Adanya rekaman CCTV memudahkan anggota melakukan penelusuran. Kurang dari setengah hari pelaku sudah bisa ditangkap," ujar Mardiaz, Jumat, 26 Januari 2018.

Menurut Kapolres, pelaku yang diketahui berisinial MA (45) dalam pemeriksaan mengaku nekat mencuri uang di dalam kotak amal lantaran tidak mempunyai uang karena menganggur.

"Dari pengakuannya dia masih nganggur sehingga mencuri buat keperluan sehari-hari. Dia bilangnya baru sekali ini nyuri uang kotak amal," kata dia.

Dalam penangkapan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti yakni uang sebesar Rp496.000 yang pelaku curi dari kotak amal, sepeda motor yang digunakan pelaku, linggis dan jaket.

Pelaku kini mendekam di tahanan dan dijerat Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Perlu CCTV

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Darul Falah Muhammad Fikri mengaku bersyukur pelaku pencurian kotak amal di masjid nya cepat terungkap.

"Alhamdulillah polisi langsung merespons cepat. Belum 24 jam pencurinya sudah ditangkap dikediamannya," ujar Fikri kepada Liputan6.com.

Dia berharap aksi pencurian kotak amal tidak terjadi lagi di masjid-masjid yang ada di Jakarta. Untuk itu, dia berharap agar pengurus masjid benar-benar waspada dan memperketat pengamanan di masjid.

"Karena itu tak ada salahnya masjid harus memiliki CCTV, ini bisa mempermudah polisi mengungkap kejadian yang tidak diinginkan," ucap dia.

Fikri juga mengimbau agar pengurus masjid tidak segan melapor ke polisi bila terjadi aksi kriminal di area masjid.

"Kita lebih waspada dan hati-hati untuk kotak dan keamanan masjid. Karena ini dana umat. Jangan segan2 DKM melapor ke Kepolisian, ketika ada pencurian," Fikri menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.