Sukses

Jepang Porak-poranda

Usai gempa disusul tsunami, banyak bangunan hancur dan menghanyutkan segala sesuatu yang dilewati. Mobil-mobil terapung bagaikan mainan.

Liputan6.com, Tokyo: Waktu di Tokyo, Jepang menunjukkan pukul 2.46 waktu setempat atau pukul 12.46 WIB. Tanpa diduga warga dikejutkan gempa berkekuatan 8,9 skala Richter disusul tsunami empat menit kemudian. Banyak bangunan hancur dan menghanyutkan segala sesuatu yang dilewati. Mobil-mobil terapung bagaikan mainan.

Kantor berita NHK di Tokyo, gempa begitu terasa. Saat bencana datang, warga berhamburan menyelamatkan diri. Begitu dashyatnya kekuatan alam, jalan pun terbelah.

Ketinggian air yang mencapai sepuluh meter itu bahkan merendam Bandar Udara Sendai di Migayi, sebelah utara Jepang. Landasan pacu tergenang. Para pekerja menyelamatkan diri ke tempat paling aman dan tinggi hingga ke atap bangunan bandara.

Dahsyatnya kekuatan air terasa pula di Pelabuhan Hachinohe, jam 4.30 sore waktu setempat. Kapal-kapal yang sedang bersandar dihantam gelombang tsunami dengan kekuatan tinggi.

Kota dan desa sepanjang 2.100 kilometer garis pantai timur dari Hokkaido hingga Wakayama menjadi wilayah paling parah diguncang gempa dan tsunami. Inilah gempa dan tsunami terbesar yang mengguncang Negeri Matahari Terbit dalam kurun waktu 140 tahun.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini