Sukses

Heboh Anggaran Lift Rp 750 Juta di Rumah Dinas, Ini Kata Anies

Anggaran pengadaan lift rumah dinas Gubernur DKI sebesar Rp 750 juta, masuk dalam pos anggaran Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemprov DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI berencana memperbaiki rumah dinas Gubernur DKI Jakarta yang berada di Jalan Taman Suropati 7, Menteng, Jakarta Pusat. Salah satunya adalah pengadaan elevator atau lift dengan anggaran Rp 750 juta.

Rumah dinas Gubernur DKI diketahui memiliki 2 lantai, yakni lantai dasar dan lantai 1.

Terkait hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku baru mengetahui adanya penganggaran lift dari berita di media. Dia juga menegaskan, bukan dia yang mengusulkan pengadaan lift itu, melainkan dari Dinas Cipta Karya.

"(Usulan) Dinas Cipta karya. Pak Sekda cerita, tahun lalu malah (rencana) mau renovasi besar untuk mengganti, apa marmer. Jadi sudahlah jangan coba-coba masukin anggaran," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Anies mengaku bersyukur menemukan anggaran tersebut sebelum dieksekusi, dan meminta Dinas tidak coba-coba bermain anggaran.

"Untung ketemu tuh," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Minta Anggaran Dicoret

Anies menilai tidak ada yang perlu direnovasi dari rumah dinas, oleh karena itu ia meminta anggaran renovasi dicoret. Tidak hanya anggaran lift yang dicoret, tapi juga anggaran renovasi rumah dinas keseluruhan sebesar Rp 2,4 miliar.

"Semuanya (dicoret) karena nggak ada kebutuhan renovasi besar," ucap Anies.

Sebelumnya diketahui anggaran pengadaan lift rumah dinas Gubernur DKI sebesar Rp 750 juta, masuk dalam pos anggaran Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Pemprov DKI (DCKTR DKI) tahun 2018. Pengadaan itu tidak melalui proses lelang.

Padahal, berdasarkan Perpres No 54 Tahun 2010, pengadaan barang di atas Rp 200 juta harus dilakukan melalui lelang di Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov DKI (BPPBJ DKI).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.