Sukses

Kenapa Gempa Banten 5,1 SR Mampu Goyang Jakarta? Ini Alasannya

BMKG menyatakan, gempa susulan diprediksi masih akan terjadi. Gempa tersebut mengikuti lindu yang utama.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 5,1 SR yang berpusat di Banten dirasakan getarannya hingga Jakarta. Meski sejenak, getaran tersebut sempat terasa bagi warga yang berada di gedung bertingkat.

Menurut keterangan dalam situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada pukul 13.32 WIB. Gempa terletak di kedalaman 42 km dengan pusat di 72 km, Barat Daya, Lebak, Banten.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, getaran gempa hari ini mampu menggoyang Jakarta. Padahal pusat gempa yang berada di 72 kilometer dari Lebak, Banten, ini cukup jauh dari Ibu Kota. BMKG mencatat titik gempa berada 133 km dari Jakarta.

"Jadi, semakin dalam kedalaman pusat gempa, mengakibatkan sebaran yang terdampak gempa semakin luas. Namun semakin dangkal gempa, memang sebarannya tidak seluas yang dalam, tapi kekuatan gempa sangat terasa," jelas Dwikorita saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Susulan

Dia menambahkan, gempa susulan diprediksi masih akan terjadi. Gempa tersebut mengikuti lindu yang utama.

"Ada, hanya lebih lemah dari yang pertama. Kemarin itu gempa susulan mencapai 20 kali," jelas Dwikorita.

Gempa kali ini, tegas dia, bukan lanjutan dari gempa yang terjadi kemarin. Kejadian ini berada di pusat titik yang baru.

"Beda pusat gempa, ini titik baru. Bukan susulan yang kemarin," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.