Sukses

Mau Saksikan Detik-Detik Gerhana Bulan Total? Catat Waktunya

Gerhana bulan total akan menyapa langit Indonesia pada 31 Januari 2018. Fenomena alam itu dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan total akan menyapa langit Indonesia pada 31 Januari 2018. Fenomena alam tersebut dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, gerhana bulan total tersebut akan berlangsung cukup lama. Sebelum itu terjadi, proses gerhana bulan terjadi.

"Prosesnya, mulai pukul 18.48 WIB bagian bawah purnama mulai tergelapi oleh bayangan bumi. Kemudian pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB bulan menjadi gelap kemerahan saat seluruh purnama masuk ke bayangan inti bulan. Warna merah disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi," kata Thomas kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Setelah itu, ucap dia, secara perlahan cahaya purnama mulai tampak dari bagian kanan bawah. Proses gerhana akan berakhir pada pukul 22.11 WIB.

"Umat Islam dapat melaksanakan salat gerhana usai salat isya," imbau dia.

Dia menjelaskan, gerhana bulan total kali ini sangat menarik. Ini lantaran fenomena alam itu memiliki beragam sebutan.

Pertama yaitu Supermoon. Sebutan itu disematkan karena jarak bulan sangat dekat dengan bumi. Karena itu, purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebutan Gerhana Bulan Total

"Kemudian juga disebut blue moon karena ini purnama kedua pada Januari, setelah 1 Januari lalu," kata dia.

Di samping itu, gerhana bulan total juga sering disebut Blood Moon karena saat gerhana total, bulan tampak merah darah.

"Jadi gerhana bulan pada 31 Januari 2018 boleh disebut Super-Blue-Blood-Moon," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.
    Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.

    Gerhana Bulan Total

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan