Sukses

BNP2TKI Pulangkan 305 TKI <i>Overstay</i>

Sebanyak 305 WNI/TKI "overstay" dan TKI Bermasalah dari Jeddah, Arab Saudi dipulangkan dalam gelombang kelima. Mereka terdiri dari 227 orang dewasa, 36 anak-anak, dan 42 balita.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 305 WNI/Tenaga Kerja Indonesia overstay dan TKI Bermasalah dari Jeddah, Arab Saudi dipulangkan dalam gelombang kelima. Mereka terdiri dari 227 orang dewasa, 36 anak-anak, dan 42 balita (infant) pada Rabu (9/3). "Mereka diterbangkan pagi ini dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah dengan pesawat Garuda GA 985 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten malam ini pukul 19.18 WIB," jelas Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat.

Para WNI/TKI itu sebagian merupakan eks umrah/haji. Sebagiannya TKI yang diberangkatkan dengan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS). "WNI eks umrah/haji itu kemudian juga menjadi TKI di sana," kata Jumhur.

Sementara para WNI/TKI overstay dan TKI bermasalah yang dipulangkan sejak gelombang pertama dan seterusnya berasal dari berbagai provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Lampung.

Menurutnya, pemulangan para WNI/TKI itu, lanjut Jumhur, merupakan rangkaian kepulangan WNI/TKI pelanggar izin batas tinggal serta TKI bermasalah yang ada Jeddah, Arab Saudi dan jumlahnya masih terbilang ribuan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini