Sukses

Anies Akan Ajak Anak Sekolah Tanam dan Panen Padi

Anies berharap areal pertanian ini tidak hanya dapat menghasilkan beras dan tanaman lainnya, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan anak-anak sekolah dapat belajar menanam dan memanen padi. Hal ini disampaikannya usai mengunjungi areal pertanian di Jalan Inspeksi Sisi Timur BKT RW 08, Cakung, Jakarta Timur, pagi ini.

"Saya juga akan mengajak pada kepala-kepala sekolah nanti kerja sama dengan KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian) untuk bisa datang ke sini memanfaatkan sebagai arena pembelajaran," ujar Anies di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018).

Kegiatan penanaman padi ini, lanjut dia, sedianya akan dimulai Februari 2018 saat musim tanam. Anak-anak sekolah akan diberi kesempatan untuk ikut menanam padi. Pada saat panen nanti Mei 2018, anak-anak sekolah juga bisa turut serta.

"Banyak dari anak-anak kita tahunya beras sudah jadi nasi. Apalagi menyadari prosesnya dan lain-lain itu karena kita hidup di kota besar, sebagian sudah tidak lagi melihat arena pertanian yang luas. Kesadaran soal proses persiapan untuk pangan tidak selalu ada di anak-anak kita," kata Anies.

Oleh karena itu, Anies berharap areal pertanian ini tidak hanya dapat menghasilkan beras dan tanaman lainnya, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran.

"Nah mudah-mudahan jadi arena, satu manfaat untuk ketahanan pangan, dan kedua juga untuk pembelajaran," kata dia.

Anies menegaskan, akan langsung menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

300 Hektare Sawah di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi areal pertanian di Jalan Inspeksi Sisi Timur BKT RW 08, Cakung, Jakarta Timur. Selain memanen padi, Anies juga memetik buah naga.

Menurut Anies, saat ini di Jakarta masih ada ratusan hektare sawah yang sekarang sedang memasuki masa panen.

"Sama-sama panen sawah di Jakarta. Di Jakarta ini masih ada lebih dari 300 hektare sawah," ujar Anies Baswedan di lokasi, Selasa (23/1/2018).

Ia mengatakan, di areal pertanian ini ada sekitar 3 hektare padi yang sudah bisa dipanen karena ditanam sejak Oktober-November 2017 lalu.

"Di lokasi ini ada sekitar 3 hektare dan alhamdulillah ditanam bulan Oktober-November sekarang sudah panen kira-kira 5 ton per hektarenya," ungkap Anies Baswedan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.