Sukses

Misteri Pemilik Ferrari Bekas Ketua DPR Tinggal di Gang Senggol

Tampak ketimpangan antara tempat tinggal dengan kemewahan kendaraan yang tercatat di perpajakan.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memastikan bahwa mobil mewah Ferrari bernopol B 1 RED yang menunggak pajak bukan milik Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Nama Andi Firmansyah kemudian keluar menjadi sosok empunya supercar tersebut.

Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Jakarta Barat, Elling Hartono, menyampaikan pihaknya sudah menyambangi kediaman Andi sesuai dengan data kepemilikan mobil. Namun, tampak ketimpangan antara tempat tinggal dengan kemewahan kendaraannya.

"Enggak, mohon maaf biasa aja (rumahnya). Dalam gang kecil. Gangnya juga bukan gang MHT ya. Gang setapak-lah gitu," tutur Elling saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Sesuai keterangan tetangga dan Ketua RT setempat, Andi memang sempat mengontrak rumah di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, itu. Hanya saja, lokasi pindahannya belum juga diketahui.

"Informasi dari ketua RT katanya dia sekuriti di Tanah Abang," ucap dia.

Elling pun mengaku sudah mengabarkan kepada warga sekitar tempat tinggal Andi agar tidak segan memberikan informasi ke pihak Samsat soal keberadaan pemilik mobil Ferrari itu. Sementara petugas kepolisian di lapangan akan memantau melalui gelaran operasi tilang.

"Saya tetap berharap pada saudara Andi itu datang ke kantor Samsat. Dan saya sudah pesan kepada ketua RT dan tetangga. Tapi saya tetap juga ke teman-teman saya untuk memantau, cari tahu tetangga atau lingkungan sekitar keberadaannya dia," Elling menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Masuk Akal

Petugas Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jakarta Barat blusukan ke gang-gang sempit di kawasan Palmerah untuk memburu para pemilik Ferarri B 1 RED. Petugas menelusuri gang kecil yang tercatat memiliki tiga mobil. Salah satunya mobil mewah Ferrari. 

Andi Firmansyah terdaftar sebagai pemilik kendaraan mewah sportcar merek Ferrari bernomor polisi B 1 RED.

Melihat rumah bernomor 85 A yang sangat sederhana, sangat tidak masuk akal bila penghuninya memiliki mobil mewah berharga miliaran rupiah. Namun, data di Badan Pajak DKI Jakarta membuktikan Andi memiliki mobil Ferari yang menunggak pajak hingga Rp 364 juta.

Selain Ferrari, AF juga terdaftar sebagai pemilik mobil Toyota Rush dan Mazda yang juga menunggak pajak kendaraan. Berdasarkan data BPRD Jakarta Barat, total pajak kendaraan mewah jenis supercar yang belum dibayar pada 2017 sebesar Rp 1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.