Sukses

Persiapan Menteri RI Jelang Kedatangan Menhan AS Malam Ini

Menhan AS akan menemui Menlu Retno, Menhan Ryamizard Ryacudu, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menggelar rapat koordinasi terbatas atau rakortas dengan beberapa menteri terkait  kedatangan Menhan AS James Mattis malam ini. Mereka yang hadir adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Jadi ini sebenarnya hanya koordinasi sebentar antara Pak Menko, Pak Menhan, saya, dan wakil Panglima karena mulai malam ini kita akan menerima tamu Menteri Pertahanan AS Jim Mattis akan berkunjung ke Indonesia dari 22 sampai 24 Januari,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai rakortas di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

Menurut dia, nantinya pihak Menhan AS akan menemui dirinya, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Selama kunjungan itu secretary Mattis akan bertemu dengan saya sendiri nanti malam, kemudian besok bertemu dengan Pak Menhan, Pak Menko, dan Pak Panglima dan setelah itu pada tanggal 24 akan keluar dari Jakarta,” jelas Retno.

Jadi intinya, lanjut Retno, rakortas tersebut membahas soal isu-isu yang kemungkinan akan dibahas dengan secretary Mattis selama kunjungannya ke Jakarta.

Terkait apa saja isu-isu yang akan dibahas dengan Menhan AS, menurut Retno, semuanya ada di Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesepakatan yang Dibahas

“Nanti setelah kunjungan baru kita sampaikan. Pastinya nanti core-nya kan ada di Pak Menhan ya ini karena Mattis adalah Menteri Pertahanan kerja sama dengan Pak Menhan akan kita lihat nanti sejauh mana kesepakatan yang ada yang dibahas antara kedua Menteri Pertahanan,” terangnya.

Sementara, dirinya sendiri, kata Retno, nanti malam sudah langsung akan menemui Menhan AS.

“Dari saya mungkin nanti malam kita akan bicara beberapa hal lain yang terkait karena juga sudah beberapa kali beberapa isu saya sampaikan juga saya komunikasikan dengan secretary Tillerson (Menlunya AS),” jelas Retno.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.