Sukses

Bambang Soesatyo Tak Yakin Ada 5 Fraksi di DPR Setujui LGBT

Bamsoet menegaskan, DPR akan menolak legalisasi perilaku LGBT dan pernikahan sejenis.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku tidak yakin soal pernyataan Ketua MPR Zulkifli Hasan mengenai adanya lima fraksi yang mendukung legalitas lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) dan pernikahan sejenis.

Kendati, Bambang Soesatyo belum mengonfirmasi pernyataan itu kepada Zulkifli Hasan.

"Jadi saya tidak yakin kalau Ketua MPR menyampaikan kabar atau berita bahwa ada fraksi-fraksi yang menyetujui LGBT," kata Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

Bamsoet, demikian ia disapa, beralasan sebagai Ketua Umum PAN, Zulkifli pasti berada pada penolakan untuk legalitas LGBT. Dengan begitu, dia meragukan akan hal itu.

"Saya meyakini Pak Zul masih dalam garis yang lurus dan tegak lurus dalam ajaran agama," ujar dia.

Adapun untuk sikap DPR, Bamsoet menyatakan penolakannya. Perilaku itu dinilainya bisa merusak moral bangsa. Tak hanya itu, Bamsoet juga menyebut tidak ada pembahasan secara khusus mengenai revisi UU tentang LGBT di DPR.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluasan Pemidanaan

Bahkan, Bamseot menyebut pihaknya menginginkan adanya perluasan pemidanaan tak hanya pada perilaku pencabulan, tapi juga hubungan sesama jenis. Sebab, hal itu dapat dikategorikan sebagai pidana asusila.

"Adanya dalam satu pasal di RUU KUHP di Panja Komisi III. Bahkan semangat kami di sana adalah selain menolak tidak ada perluasan daripada pemidanaan perilaku LGBT itu," jelas Bamsoet.

Sebelumnya, Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengungkapkan ada lima fraksi di DPR yang menyetujui perilaku LGBT.

"Saat ini di DPR sedang dibahas soal Undang-Undang LGBT atau pernikahan sesama jenis. Sudah ada lima partai politik menyetujui LGBT," kata Zulkifli, saat menghadiri acara yang sama, yaitu Tanwir I Aisyiyah di Surabaya.

Akan tetapi, saat ditanya fraksi mana saja yang menyetujui, dia enggan menyebutkan dan memastikan Fraksi PAN DPR menolak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.