Sukses

Jalan Tol Semarang-Solo Ambles

Ruas jalan tol yang baru dibangun dari Semarang menuju Solo, Jateng, ambles di ruas Gedawang-Susukan, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Amblesnya jalan menyebabkan keretakan panjang di tengah badan jalan.

Liputan6.com, Semarang: Jalan Tol Semarang-Solo yang baru dibangun ambles, Selasa (8/3). Jalan yang ambles berada di ruas Jalan Gedawang-Susukan, tepatnya di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Ini adalah kali kedua jalan tol ambles setelah selesainya perbaikan pengerjaan konstruksi Februari lalu.

Akibat ambles, ruas jalan yang belum dilalui kendaraan ini retak sepanjang 500 meter dengan kedalaman 60 sentimeter serta lebar 70 sentimeter. Menurut pekerja, lahan di ruas Gedawang merupakan kawasan patahan yang tingkat longsornya tinggi dan terdapat sumber air di bawahnya. Kondisi ini memicu amblesnya tanah bersama lapisan aspal.

Gubernur Jateng Bibit Waluyo menyatakan akan mengkaji ulang struktur tanah di ruas jalan tol yang ambles. Pasalnya, diduga ada kesalahan perencanaan mengenai struktur tanah.

Untuk mencegah keretakan yang lebih luas, dipasang tiang pancang beton di 150 titik dengan kedalaman 30 meter untuk menstabilkan kondisi lahan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.