Sukses

Moeldoko Puji Teknologi MBG UGM untuk Budidaya Ikan

Moeldoko mengaku bangga mahasiswa Indonesia makin aplikatif dengan kepentingan petani.

Liputan6.com, Sleman - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) yang juga Ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menghadiri panen ikan berteknologi micro bubble generator (MBG) karya mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Moeldoko mengaku bangga mahasiswa Indonesia makin aplikatif dengan kepentingan petani.

"Penemuan ini menjawab hal utama bagaimana manfaatnya bagi petani secara langsung," ujar Moeldoko pada syukuran panen ikan nila merah kelompok tani Mina Ngeromboko, Sleman, Yogyakarta, Sabtu 20 Januari 2018.

Menurut Moeldoko, jika teknologi aplikatif ini terus dikembangkan, maka tingkat kesejahteraan petani bisa naik. Dikatakannya, proses pertanian rakyat, terutama budidaya ikan air tawar di Yogyakarta yang terbatas lahannya, membutuhkan terobosan agar bisa diterima dalam skala industri.

Teknologi MBG merupakan pembuatan gelembung udara mikro dengan generator kecil. Gelembung ini yang memperkaya oksigen dalam air.

"Teknologi tepat guna ini murah dan telah diuji coba di pertanian air tawar," sambung Moeldoko melalui keterangan tertulis.

 Selain itu, MBG juga bisa menghasilkan panen lebih dari tiga kali setahun. Dari tiga kali panen menjadi empat kali panen. Penggunaan listriknya hemat untuk memutar kincir.

Ditambahkannya, jika disosialisasikan kepada masyarakat, teknologi ini efisien dalam proses budidaya ikan. Maka petani akan mendapat hasil yang maksimal, terjadi peningkatan hasil ikan lebih dari 50 persen. Pakan lebih sedikit, waktu memelihara lebih pendek, ikan lebih cepat besar dan sehat.

"Tantangan penelitian perguruan tinggi itu kan, hasilnya bisa diterapkan pada skala industri agar menguntungkan," kata pria yang baru menjabat Kepala Staf Kepresidenan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko