Sukses

Pilkada Serentak, Dewan Pers Tegaskan Pers Independen

Yosep juga tak segan untuk meminta kepada awak media yang ingin terjun ke tanah politik untuk berhenti menjadi jurnalis profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengimbau agar media tetap menjaga independen menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2018.

"Kami meminta kepada media, agar newsroom menjaga independensi dan jangan memasukan ranah politik ke dalam liputan-liputan. Apalagi ada conflict of interest," ujar Yosep di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Imbauan tersebut disampaikan Yosep lantaran dirinya melihat beberapa kasus dalam Pilkada sebelumnya.

Dia mengaku mendapatkan laporan dari calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah karena merasa dirugikan oleh pesaingnya yang memiliki media.

"Kita tahu ada banyak pimpinan media punya partai, kemudian menjadi bagian dari orang yang mengusung pasangan tertentu di dalam Pilkada. Silakan kalau para pemilik berpolitik, tapi kami minta newsroom dijaga betul independensinya," kata dia.

Bahkan, Yosep juga tak segan untuk meminta kepada awak media yang ingin terjun ke tanah politik untuk berhenti menjadi jurnalis profesional. Yosep mengatakan, dirinya akan menyebar surat edaran permohonan tersebut.

“Kami meminta kepada setiap wartawan yang akan maju sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, atau timses untuk cuti sementara, atau mundur secara permanen dari profesi wartawan. Jadi surat edaran itu nanti diakses saja di Dewan Pers,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini