Sukses

Polisi Bekuk Dokter Spesialis Saraf Gadungan di Bogor

Pihak klinik melaporkan S karena mengaku dokter spesialis saraf dan memalsukan dokumen seperti ijazah dan surat dari IDI.

Liputan6.com, Bogor - Kepolisian Sektor Gunungputri menangkap S (43), dokter gadungan yang mengaku spesialis penyakit saraf di Klinik Rajawali Medika Jalan Raya Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor. Penangkapan pria yang mengaku lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini atas laporan pemilik klinik tersebut.

"Pelaku diamankan Kamis kemarin setelah ada laporan dari pihak klinik bahwa tersangka diduga melakukan penipuan," kata Panit Reskrim Polsek Gunungputri Ipda Ano Junaedi, Jumat (19/1/2018).

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa pakaian dokter serta stetoskop.

Ano mengatakan, pihak klinik melaporkan S karena mengaku dokter spesialis saraf dan memalsukan dokumen seperti ijazah serta Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Terbongkarnya setelah pelaku bekerja selama 4 bulan di klinik itu. Kami akan datangkan saksi ahli dari Dinas Kesehatan dan dari IDI untuk mengecek data pelaku," terang Ano.

Bagian Umum Klinik Rajawali Medika, Arif Rudianto menjelaskan, awalnya klinik tersebut membuka lowongan kerja khusus dokter spesialis penyakit dalam sekitar Juli 2017. Karena klinik ini tengah berupaya menjadi tempat pengobatan utama, yang salah satunya memiliki dokter spesialis penyakit saraf.

"Yang bersangkutan ikut melamar dan interview sambil menyerahkan fotokopi ijazah, STR dari IDI dan persyaratan lainnya sekitar bulan Agustus," terang Arif.

Saat diwawancara, pelaku mengaku sebagai spesialis penyakit saraf dan lulusan Undip Semarang. "Semua persyaratannya fotokopian. Alasannya yang asli ada di rumahnya di Semarang," ucap Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honor Rp 24 juta per bulan

Tanpa rasa curiga, pihak pengelola akhirnya menerima pelaku bekerja di klinik tersebut dan menerima honor Rp 24 juta per bulan. Namun, pelaku diminta untuk segera memperpanjang salah satu syarat utama yakni STR dari IDI yang akan habis masa berlakunya 9 Agustus.

Saat itu, pelaku sementara waktu tidak diberi tugas membuka praktik selama belum memperpanjang STR dari IDI.

"Selama belum perpanjang STR dia datang hanya absen setiap hari Senin dan Rabu, belum dikasih buka praktik. Tapi dapat gaji," ujar dia.

Karena tak kunjung diperpanjang, pihak pengelola mulai curiga. Terlebih, alasan pelaku selalu berbelit-belit saat diminta STR. Padahal pengurusan perpanjangan STR ini paling lama dua bulan.

"Karena curiga, akhirnya kami melaporkan ke polisi," kata dia.

Hingga saat ini penyidik Satreskrim Polsek Gunung Putri masih terus memeriksa S dan ditahan di sel Mapolsek Gunung Putri sambil menunggu proses hukum lebih lanjut. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.