Sukses

Nelayan Demo di Istana, Puluhan Kapal di Brebes Tak Melaut

Akibat nelayan beunjuk rasa, puluhan kapal berjajar hampir 1 kilometer di Pelabuhan Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah.

Fokus, Jawa Tengah - Kepergian ribuan nelayan dari sejumlah daerah ke Jakarta untuk berunjuk rasa melegalkan cantrang membuat aktivitas penangkapan ikan terhenti. Sejumlah pelabuhan pun dipadati kapal nelayan yang ditinggalkan pemiliknya.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (17/1/2018), kapal nelayan berjajar sepanjang hampir 1 kilometer di Pelabuhan Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Para pemilik kapal tengah pergi ke Jakarta untuk berunjuk rasa memperjuangkan dicabutnya larangan penggunaan cantrang.

Sebagian nelayan yang tidak ikut ke Jakarta ada yang hanya bergerombol di kompleks pelabuhan atau memperbaiki perahu yang bocor. Tempat pelelangan ikan pun sepi dari aktivitas. SPBU nelayan yang biasanya melayani solar juga tutup.

Meski tidak ikut berunjuk rasa, para nelayan juga mempertanyakan larangan penggunaan cantrang. Nelayan di kawasan Pantura, Subang, Jawa Barat, mengemukakan larangan cantrang membuat hasil tangkapan ikan berkurang signifikan. Apalagi kondisi cuaca sering tak menentu kerap membuat nelayan tak bisa melaut.

Bila nantinya larangan tetap diberlakukan, para nelayan berharap pemerintah memberikan bantuan alat penangkap ikan yang legal sesegera mungkin dan serentak pada para nelayan.