Sukses

3 Dokter IDI Tolak Jadi Saksi Meringankan Bimanesh Sutarjo

Tersangka kasus dugaan merintangi proses penyidikan e-KTP, Bimanesh Sutarjo (BST), menyodorkan tiga saksi meringankan kepada KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka kasus dugaan merintangi proses penyidikan e-KTP, Bimanesh Sutarjo, menyodorkan tiga saksi meringankan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tiga saksi tersebut, yakni dokter forensik dari Universitas Indonesia, Budi Sampoerna dan Prasetyono, serta anggota Dewan Pertimbangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban.

"Rencana pemeriksaan tiga dokter dalam kasus Pasal 21 UU Tipikor hari ini merupakan bentuk pelaksanaan KUHAP. Mereka adalah saksi yang diajukan oleh tersangka BST (Bimanesh Sutarjo)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Ketiga saksi tersebut hari ini dijadwalkan pemeriksaan sebagai saksi meringankan sebagai bentuk pemenuhan hak untuk Bimanesh sebagai tersangka. Namun, ketiga dokter itu menolak untuk diperiksa.

"Tiga saksi menolak permintaan BST tersebut untuk diperiksa sebagai saksi meringankan. Karena para dokter ingin menjaga independensi mereka sebagai bagian dari tim IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang melakukan pemeriksaan etik terhadap BST," kata Febri.

Ketiga dokter dari IDI itu sudah menyampaikan keterangan penolakan hadir sebagai saksi Bimanesh Sutarjo kepada KPK dan sudah diterima oleh penyidik. "Hal tersebut sudah diinformasikan pada penyidik dan KPK tentu menghargainya," ucap Febri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karena Setya Novanto

Nama Bimanesh mencuat saat peristiwa kecelakaan tunggal yang dialami Setya Novanto, pada Kamis, 16 November 2017 sekitar pukul 19.00 WIB.

Ahli penyakit dalam, konsultan ginjal, dan hipertensi ini merupakan dokter yang memberikan penanganan medis bagi Novanto di RS Medika Permata Hijau.

Dia mendiagnosis Novanto mengalami cedera kepala dan darah tinggi. Saat itu, dia mengatakan kondisi Setya Novanto sempat gawat.

"Keadaannya gawat tadi malam. Sekarang kita lihat alhamdulillah pagi ini atas izin Allah, kita berikan pengobatan, pelan-pelan memulih," kata dokter Bimanesh di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Barat, Jumat, 17 September 2017. 

Belakangan KPK mengendus kejanggalan dalam perawatan Novanto di RS Medika Permata Hijau. Bimanesh dan mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, diduga melakukan manipulasi data medis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.