Sukses

Cerita Moeldoko tentang Pesan Tengah Malam Sebelum Pelantikan

Sebuah pesan masuk ke handphone sang jenderal, Moeldoko, Selasa 16 Januari 2018 tengah malam. Saat itu, dia tengah terlelap.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesan masuk ke telepon genggam sang jenderal, mantan Panglima TNI, Moeldoko, Selasa 16 Januari 2018 tengah malam. Saat itu, dia tengah terlelap.

Baru dua setengah jam setelahnya, dia terbangun dan melihat telepon genggamnya. Ternyata, ada pesan dari kepresidenan. Kaget dan tidak percaya, dia membalas pesan itu paginya untuk memperjelas. Namun, tak kunjung berbalas.

"Saya tahunya tadi malam ya jam 23.45 WIB kalau enggak salah. Ada WA (WhastApp) saya. Saya kebetulan pas bangun malam, jam 02.30 WIB saya lihat, kok ada WA. Pagi-pagi saya tanya belum dijawab lagi," tutur Moeldoko di Kantor Staf Presiden Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sampai akhirnya, dia mendapat kepastian tentang pelantikannya sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Dia dan sang istri pun kerepotan karena pemberitahuan tersebut.

Pasalnya, mereka diwajibkan mengenakan seragam nasional dalam acara pelantikan di Istana Negara Jakarta.

"Istri saya kelabakan karena harus pakai uniform nasional, kan gitu. Tapi ya sudah kita nikmatin," ucap jenderal bintang empat tersebut.

Kendati begitu, dia mengatakan sudah ada komunikasi dengan Jokowi sebelum penunjukannya sebagai KSP. Hanya saja, tentara terbiasa menerima perintah lima menit terakhir.

"Kalau komunikasi dengan Presiden kebetulan beberapa kali berkomunikasi. Tetapi kan kalau tentara itu mengenal istilah lima menit terakhir. Jadi situasi lima menit terakhir itu yang menentukan," ujar Moeldoko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gantikan Teten

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa. Jokowi juga melantik Jenderal Purnawirawan Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Presiden Jokowi pun melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang baru yakni Agum Gumelar.

Selain itu, Presiden melantik Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU).

Sementara Moeldoko sudah malang melintang di TNI. Dia bahkan telah memegang pucuk pimpinan tertinggi sebagai Panglima TNI.

Sinyal Moeldoko akan masuk ke Kabinet Kerja sebelumnya sudah terlihat saat pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, pertengahan November 2017. Dia saat itu ditunjuk sebagai perwakilan keluarga Jokowi untuk memberi sambutan kepada para tamu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko