Sukses

New York dan Mimpi Sandiaga Hidupkan Lagi Becak di Jakarta

Sandiaga menyebut becak di New York dioperasikan khusus untuk acara pariwisata. Hal itulah yang ingin ditiru Anies-Sandi.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta berencana menghidupkan kembali becak di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, dia ingin meniru kota New York yang menurutnya juga terdapat becak.

Dia menceritakan pengalamannya saat mengikuti New York Marathon dan kelelahan lantaran harus berjalan ke hotel, padahal ada temannya yang ke hotel menaiki becak.

"Saya tertatih-tatih habis lari 4 jam kan tuh, balik ke hotel sekitar 1,5 - 2 kilo dari (garis) finis. Setelah saya nunggu, udah kedinginan gitu, ternyata sekitar 15 menit, Pak Anindya datang pakai becak, di tengah-tengah New York City, di Central Park," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Selasa 16 Januari 2018.

Menurut Sandi, becak ala New York disebut cab (pedicab) dan pengemudi berada di depan.

"Becaknya itu yang digenjotnya di depan, duduknya di belakang. Apa namanya ya? Cab. Namanya New York Cab (pedicab) ya. Saya bilang, wah, ada becak juga di New York. Terus saya tanya berapa bayarnya, 100 dolar," kisah Sandi.

Sandiaga menyebut becak di New York dioperasikan khusus untuk acara pariwisata. Hal itulah yang ingin ditiru Anies-Sandi.

"Becak-becak itu di-keep di satu rute yang khusus, bingkai pariwisata. Jadi (becak Jakarta) untuk event-event khusus di mana jalan ditutup dengan rute yang khusus, tentunya tidak di jalan raya ya. Bukan kita membayangkan becak yang model tahun 70-an," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yakin Tidak Buat Semerawut

Sandiaga memastikan adanya becak di Jakarta tidak akan menambah kesemerawutan Ibu Kota.

"Kajiannya harus dilakukan secara betul-betul detail dan ya kita harus pastikan bahwa itu tidak menambah kesemrawutan, tapi justru membuat daya tarik pariwisata, kayak seperti di New York Cab itu," Beber Sandi. 

Becak Jakarta, ucap Sandi, selain menjadi angkutan lingkungan juga menjadi angkutan wisata dan nantinya akan ditempatkan juga di kawasan wisata seperti Monas, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah.

"Kalau di tempat pariwisata, seperti di Ancol, di Monas, itu nanti sebagai salah satu daya tarik juga," Sandiaga menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.