Sukses

Sah, Marsdya Yuyu Sutisna Resmi Jadi KSAU

Pelantikan Marsdya Yuyu Sutisna sebagai KSAU dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Pelantikan Marsdya Yuyu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Pelantikan Yuyu diawali dengan lagu "Indonesia Raya" yang dilanjutkan dengan pembacaan Keppres soal pemberhentian dan pengangkatan KSAU. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 2 TNI tahun 2018 tentang pemberhentian KSAU dan pengangkatan KSAU baru. 

Selanjutnya, Presiden Jokowi memandu Yuyu membacakan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalil apa pun juga, tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga," kata Yuyu di hadapan Jokowi.

Yuyu juga berjanji tidak akan menerima hadiah dari siapa pun yang terkait dengan jabatan dan pekerjaannya sebagai KSAU. Yuyu juga berjanji menjunjung tinggi sumpah prajurit.

Dalam pelantikan ini hadir sejumlah menteri dan pejabat di jajaran Kabinet Kerja dan para kepala lembaga lainnya.

Marsdya Yuyu dipilih sebagai KSAU setelah menjalani serangkaian tes atau uji kepatutan dan kelayakan.

"Proses internal untuk memilih disesuaikan tata kelola dan tata aturan eligible, kepangkatan, masa dinas sudah dilakukan untuk internal," ujar Kapuspen TNI, Mayjen Sabrar Fadhillah.

KSAU sebelumnya dijabat oleh Marsekal Hadi Tjahjanto. Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Hadi sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.