Sukses

Reshuffle Kabinet, Moeldoko Jadi Kepala Staf Presiden

Dalam reshufflle kabinet kali ini, Jokowi menunjuk Moeldoko jadi Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden dalam reshuffle kabinet hari ini. Ia menggantikan Kepala Staf Presiden sebelumnya, Teten Masduki.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Moeldoko mengikuti sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi, Rabu (17/1/2018).

Pelantikan berlangsung hari ini, Rabu (17/1/2018), di Istana Negara. Pengangkatan Moeldoko berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 P tahun 2018 tentang pengangkatan Kepala Staf Kepresidenan. 

Moeldoko sudah malang melintang di TNI. Dia bahkan telah memegang pucuk pimpinan tertinggi sebagai Panglima TNI.

Sinyal Moeldoko akan masuk ke Kabinet Kerja sebelumnya sudah terlihat saat pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, pertengahan November 2017. Dia saat itu ditunjuk sebagai perwakilan keluarga Jokowi untuk memberi sambutan kepada para tamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lantik 2 Menteri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi merombak (reshuffle) kabinetnya hari ini. Menteri-menteri baru itu pun akan langsung dilantik hari ini, Rabu 17 Januari 2018.

Dari informasi yang diperoleh, dua menteri akan diganti. Keduanya yakni Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki.

Khofifah disebutkan diganti oleh politikus Partai Golkar, Idrus Marham. Golkar pun telah membenarkan hal ini. "Kepastian penunjukan baru pagi ini, Idrus baru dikabarin hari ini. Infonya hari ini langsung dilantik," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, Rabu (17/1/2018), di Jakarta.

Sementara Teten disebutkan akan diganti Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko.

Sumber Liputan6.com di KSP membenarkan adanya pergantian Kepala Staf Presiden itu.

Selain melantik dua menteri baru, Presiden Jokowi juga akan melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang baru, yakni Agum Gumelar.

"Ya betul, hari ini sedang dalam perjalanan ke Istana," kata ajudan Agum.

Presiden juga akan melantik Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU).

Dalam surat dengan kop Menteri Sekretaris Negara RI itu tertulis, undangan pelantikan hari ini, Rabu, 17 Januari 2018, pukul 09.00 WIB bertempat di Istana Negara, Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko