Sukses

Ketua DPR: Kritik dari Anggota Dewan Harus Konstruktif

Ketua DPR meminta anggotanya menghindari polemik yang membuat gaduh dunia politik,

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mempersilakan anggota DPR melontarkan kritik. Hanya saja, ia mengingatkan hal itu harus disampaikan dalam rangka fungsi pengawasan.

"Berbagai kritik yang disampaikan anggota DPR tidak menyerang lalu membangun panggung, namun harus memberikan solusi," kata Bambang Soesatyo, Selasa 16 Januari 2018.

Dia memahami salah satu tugas anggota DPR adalah berbicara menyampaikan pandangan terhadap suatu isu. Ia menekankan kritik namun harus memiliki makna, bukan hanya menciptakan kegaduhan.

Karena itu, dia meminta anggota DPR dalam menyampaikan pendapatnya menyadari apa yang disampaikannya akan mempengaruhi elektabilitas dirinya dan partai.

"Kalau kesadaran individual itu disadari secara benar maka akan gunakan panggung dengan baik untuk menaikkan elektoralnya," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Politisi Partai Golkar itu juga menegaskan kebijakan yang diambil pemerintah dan DPR harus bertujuan pada kesejahteraan rakyat. Kepentingan partai, lanjutnya, dinomorduakan.

Menurut pria yang akrab dipanggil Bamsoet ini, kepentingan partai tidak boleh dibicarakan di DPR agar tidak terjadi kegaduhan karena kepentingan ego masing-masing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan JK untuk Bamsoet

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menitipkan pesan untuk Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, pengganti Setya Novanto. Dia menginginkan, di kepemimpinan Bambang, DPR kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Dia juga berharap DPR dapat bekerja efektif di tangan mantan Ketua Komisi III DPR RI itu.

"Mengelola DPR itu dapat dipercaya oleh masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada DPR. Kedua juga mengefisienkan anggaran, menjadikan DPR betul-betul produktif," ucap Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Dia ingin DPR bisa menghasilkan banyak undang-undang tahun ini. Terutama rancangan undang-undang yang telah menumpuk beberapa tahun terakhir.

"Katakanlah undang-undang, jangan hanya setahun hanya 6, tapi naiklah. Sehingga DPR itu lebih betul-betul jadi legislatif yang baik. Tugas Bambang Soesatyo itu," jelas JK.

Pada sisi lain, terkait proses hak angket KPK yang juga diketuai Bambang, JK meminta harus segera diselesaikan. "Ya janjinya Bambang begitu selesai segera. Bila perlu hari ini kan," pungkas Jusuf Kalla.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.