Sukses

Berebut Piala Presiden 2018

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 dibuka dengan laga Persib Bandung Vs Sriwijaya FC, Selasa 16 Januari 2018. Pertandingan yang berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api itu dihadiri Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ada 20 tim yang ikut serta dalam turnamen Piala Presiden 2018 ini. Mereka dibagi ke dalam 5 grup yang akan bertanding di 5 kota berbeda.

Untuk hadiah, panitia penyelenggara Piala Presiden 2018 menyiapkan Rp 3,3 miliar untuk juara pertama. Sementara runner-up mendapat Rp 2,2 miliar, peringkat ketiga Rp 1,1 miliar, dan peringkat empat Rp 550 juta. Selain itu, ada juga hadiah untuk suporter terbaik, pemain terbaik, hingga lomba pemberitaan.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Dibuka Jokowi

Presiden Jokowi membuka Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sebelum laga Persib Bandung kontra Sriwijaya FC.

Dalam kesempatan kali ini, Presiden Jokowi mengenakan jaket Timnas Indonesia berwarna merah. Pembukaan Piala Presiden edisi ketiga ini memang berlangsung sederhana dan sangat khidmat ketika seisi stadion menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin penyanyi cantik Lea Simanjuntak.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu membuat bobotoh yang ada di stadion bergemuruh. Bobotoh juga membentangkan spanduk bertuliskan "Wilujeng sumping Presiden Joko Widodo".

2 dari 3 halaman

Dihadiri Pejabat Tinggi

Selain Jokowi, sejumlah pejabat tinggi negara juga hadir dalam pembukaan Piala Presiden 2018. Di antaranya, Menteri Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Hadir juga Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung HM Prasetyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.

Turnamen Piala Presiden ini menjadi edisi ketiga yang bergulir sebelum kompetisi dimulai. Pada 2015 dan 2017, Persib serta Arema FC berhasil keluar sebagai pemenang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Piala Presiden: Bomber Brasil Kembali Bergabung dengan Persija
Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala Presiden, Siaran Langsung 26 Januari