Sukses

Pesan Jusuf Kalla untuk Ketua DPR Baru

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menitipkan pesan untuk Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, pengganti Setya Novanto.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menitipkan pesan untuk Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, pengganti Setya Novanto. Dia menginginkan, di kepemimpinan Bambang, DPR kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Dia juga berharap DPR dapat bekerja efektif di tangan mantan Ketua Komisi III DPR RI itu.

"Mengelola DPR itu dapat dipercaya oleh masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada DPR. Kedua juga mengefisienkan anggaran, menjadikan DPR betul-betul produktif," ucap Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Dia ingin DPR bisa menghasilkan banyak undang-undang tahun ini. Terutama rancangan undang-undang yang telah menumpuk beberapa tahun terakhir. 

"Katakanlah undang-undang, jangan hanya setahun hanya 6, tapi naiklah. Sehingga DPR itu lebih betul-betul jadi legislatif yang baik. Tugas Bambang Soesatyo itu," jelas JK.

Pada sisi lain, terkait proses hak angket KPK yang juga diketuai Bambang, JK meminta harus segera diselesaikan. "Ya janjinya Bambang begitu selesai segera. Bila perlu hari ini kan," pungkas Jusuf Kalla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilantik

Bambang Soesatyo resmi menjadi Ketua DPR setelah dilantik Mahkamah Agung. Pemilihan pria yang karib disapa Bamsoet ini juga telah disetujui oleh para anggota DPR dalam rapat paripurna.

Bambang Soesatyo langsung diambil sumpah jabatannya di Gedung DPR oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. 

"Bambang Soesatyo, Ketua DPR, saudara wajib bersumpah menurut agama Islam, apakah Anda bersedia?" tanya Hatta Ali.

"Saya bersedia," jawab Bambang.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara," Bambang bersumpah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Ketua DPR