Sukses

Lukisan dari Pelepah Pisang

Seorang seniman di Surabaya melukis dengan menggunakan pelepah pisang. Dia menjual karyanya dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta per lukisan.

Liputan6.com, Surabaya: Melukis ternyata tidak harus menggunakan cat. Buktinya, Madun Radiaz, warga Jalan Dukuh, Sambikarep, Surabaya, Jawa Timur, bisa melukis dengan menggunakan pelepah pisang.

Melukis dengan pelepah pisang memang terdengar mustahil. Namun, ternyata memang bisa dilakukan, setidaknya itulah yang dilihat SCTV, baru-baru ini. Madun juga menceritakan proses pembuatan lukisan tersebut.

Pertama, Madun mencari pelepah pisang sebagai bahan lukisan. Pelepah itu dikeringan di bawah sinar matahari dan kemudian diremas agar mudah dibentuk.

Setelah semua bahan siap, baru proses melukis bisa dimulai. Kali ini Madun akan membuat lukisan bertema pepohonan. Pelepah yang sudah kering tadi dibentuk menjadi batang pohon dan diberi lem agar melekat.

Dia memperhatikan betul gradasi ditambahkan daun dan latar belakang hutan. Untuk membentuk tanah, Madun menggunakan serbuk kayu. Setelah selesai, lukisan disemprot dengan vernis agar tampak lebih cantik.

Hasil karya Madun dikenal banyak orang, seiring dengan kegigihannya berpameran di pusat-pusat perbelanjaan. Keunikan lukisannya menjadi daya tarik bagi para pembeli.

Sejauh ini Madun masih menjual lukisan di Surabaya. Untuk satu lukisan dia jual dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan. Umumnya para pembeli tertarik karena memang ingin mempunyai koleksi lukisan yang berbeda dari biasanya. Bagiamana dengan Anda, tertarik untuk mengoleksi lukisan dari pelepah pisang juga? (ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini