Lukisan dari Pelepah Pisang

on Mar 04, 2011 at 02:16 WIB

Liputan6.com, Surabaya: Melukis ternyata tidak harus menggunakan cat. Buktinya, Madun Radiaz, warga Jalan Dukuh, Sambikarep, Surabaya, Jawa Timur, bisa melukis dengan menggunakan pelepah pisang.

Melukis dengan pelepah pisang memang terdengar mustahil. Namun, ternyata memang bisa dilakukan, setidaknya itulah yang dilihat SCTV, baru-baru ini. Madun juga menceritakan proses pembuatan lukisan tersebut.

Pertama, Madun mencari pelepah pisang sebagai bahan lukisan. Pelepah itu dikeringan di bawah sinar matahari dan kemudian diremas agar mudah dibentuk.

Setelah semua bahan siap, baru proses melukis bisa dimulai. Kali ini Madun akan membuat lukisan bertema pepohonan. Pelepah yang sudah kering tadi dibentuk menjadi batang pohon dan diberi lem agar melekat.

Dia memperhatikan betul gradasi ditambahkan daun dan latar belakang hutan. Untuk membentuk tanah, Madun menggunakan serbuk kayu. Setelah selesai, lukisan disemprot dengan vernis agar tampak lebih cantik.

Hasil karya Madun dikenal banyak orang, seiring dengan kegigihannya berpameran di pusat-pusat perbelanjaan. Keunikan lukisannya menjadi daya tarik bagi para pembeli.

Sejauh ini Madun masih menjual lukisan di Surabaya. Untuk satu lukisan dia jual dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan. Umumnya para pembeli tertarik karena memang ingin mempunyai koleksi lukisan yang berbeda dari biasanya. Bagiamana dengan Anda, tertarik untuk mengoleksi lukisan dari pelepah pisang juga? (ULF)
Suka artikel ini?

0 Comments