Sukses

Jokowi Dukung Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR

Dalam pidato politik perdananya, Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyatakan ingin ada penguatan fungsi DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, pemerintah menghormati keputusan Partai Golkar yang memilih Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai Ketua DPR RI, menggantikan Setya Novanto.

"Dinamika politik di sana, kalau sudah dipilih secara demokratis, tentu pemerintah mendukung pilihan yang sudah dipilih tersebut, sangat menghargai, menghormati keputusan itu," ujar Jokowi di Tegal, Jawa Tengah, Senin 15 Januari 2018.

Dengan terpilihnya Bamsoet, Jokowi berharap, kerja sama pemerintah dan DPR menjadi lebih baik.

Sebelumnya, dalam pidato politik perdananya, Bamsoet menyatakan, pada masa kepemimpinannya hingga Oktober 2019, dia menginginkan ada penguatan fungsi DPR, yakni legislasi, pengawasan, dan anggaran.

"Ketiga fungsi ini harus berjalan seiring dan saling mendukung. Termasuk penguatan terhadap tugas, fungsi, dan kewenangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), sebagai benteng kehormatan tidak saja kepada para anggota," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 15 Januari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Bambang Soesatyo

Dia mengatakan, akan mendorong lahirnya produk-produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka panjang. Untuk pengawasan juga akan dilakukan dengan saksama dan responsif terhadap kebutuhan rakyat.

"Serta memastikan alokasi anggaran yang mampu mendorong kesejahteraan dan keadilan sekaligus," ujar dia.

Tak hanya itu, Bamsoet juga menyatakan akan memosisikan DPR sebagai mitra yang kontributif, produktif, akrab, dan bersahabat terhadap lembaga eksekutif, khususnya di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Saya akan membantu untuk memosisikan lembaga perwakilan yang terhormat ini sebagai sebuah mitra yang kontributif, produktif, akrab, dan bersahabat," Bamsoet menegaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.