Sukses

Ratusan Warga Indonesia Segera Dievakuasi

Dubes Indonesia untuk Tunisia M Ibnu Said mengatakan, kurang lebih ada 264 warga Indonesia yang bakal segera dievakuasi ke Indonesia. Namun, evakuasi terhambat karena ketersediaan penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta: Kurang lebih ada 264 warga Indonesia kini berada di Tunisia dan akan segera dievakuasi ke Indonesia untuk tahap kedua. "Kita usahakan secepatnya kembali ke Tanah Air. Kita sedang koordinasi dengan Ketua Satgas Evakuasi Warga Indonesia, Hasan Wirajuda, untuk memulangkan mereka ke Tanah Air" kata Duta Besar Besar Indonesia untuk Tunisia, M Ibnu Said, lewat sambungan telepon di Liputan 6 Pagi, Kamis (3/3).

Ibnu mengatakan, hambatan utama mengevakuasi warga Indonesia ke Tanah Air adalah keterserdiaan penerbangan. "Karena, banyak negara-negara yang berebut mengevakuasi warganya," ujarnya.

Ibnu menambahkan, kemungkinan masih ada warga Indonesia yang terjebak di Libia. "Kemungkinan masih ada dan duta besar kita di Libia sudah berusaha keras mengumpulkan mereka di KBRI Tripoli," ucapnya. Hingga kini, pihaknya belum mendapat informasi soal ada warga Indonesia yang cedera.

Kondisi Tripoli, lanjut Ibnu dari informasi yang didapatnya, tidak mencekam. "Tapi, di luar Tripoli mencekam," tuturnya.

Ia tak tahu apakah ada jaminan keamanan dari pemerintah Libia terhadap warga Indonesia. "Saya belum mendapat informasi karena saya tidak berada di Tripoli saya hanya mengawasi warga Indonesia di Tunisia," ujar Ibnu.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.