Sukses

Jelang Asian Games, 28 Cabor Sepakat Terima Dana dari Kemenpora

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga bertemu dengan pengurus cabang olah raga serta persatuan organisasi olahraga di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dalam pertemuan ini, 28 dari 40 cabang olah raga yang ikut serta dalam Asian Games menyepakati dana Pelatnas dapat dicairkan di pertengahan bulan ini.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (13/1/2018), pertemuan dilakukan di Gedung Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat, Jumat siang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi beserta 28 dari 40 pengurus cabang olahraga. Pengurus cabang telah bersepakat untuk menerima dana Pelatnas yang akan cair selambat-lambatnya pertengahan Januari ini.

Sementara sisanya seperti cabang olahraga dayung, jetski, menembak, senam, sambo, dan tinju belum menyepakati dana yang diajukan Kemenpora. Pemerintah sendiri telah mengalokasikan dana sebesar Rp 735 miliar yang diambil dari APBN 2018 untuk Pelatnas.

Dimana sebanyak Rp 514 miliar dialokasikan kepada induk-induk cabang olahraga dan Komite Paralimpiade Nasional. Sementara sisanya dipergunakan untuk membayar pelatih asing, menyewa lapangan, bantuan bagi KONI sebagai pengawas, dan tes awal fisik atlet.

"Ini adalah tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden di rapat kemarin bahwa kita harus selalu konsolidasi, silaturahmi, curhat. Dan pertemuan ini adalah bagian dari itu dan setelah ini kita akan mengintensifkan pertemuan agar soal teknis, administrasi bisa diselesaikan secara internal," ujar Menpora Imam Nachrowi.