Sukses

PAN Jaring Caleg Pemilu 2019 DKI Jakarta Secara Online

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mulai bersiap menyongsong tahun politik 2019. Demi mendapatkan para kader berkualitas, partai berlambang matahari itu bahkan memudahkan masyarakat ikut mendaftar sebagai calon anggota legislatif (Caleg) secara online.

Ketua DPW PAN DKI Eko Hendro Purnomo menyampaikan, cara tersebut memang baru untuk wilayah DKI Jakarta saja. Tentunya, ini menjadi kesungguhan PAN dalam memberikan kesempatan bagi warga secara luas, yang ingin ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2019.

"Mereka yang berminat cukup membuka website dengan alamat www.golegpandki.id dan bisa langsung mendaftar tanpa dipungut biaya alias gratis," tutur Eko di kantor DPW PAN DKI, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

Pria yang akrab disapa Eko Patrio itu menyebut, PAN menginginkan komposisi anggota legistlatif dengan 70 persen dari masyarakat umum dan 30 persen asli kader internal partai. Besarnya porsi untuk masyarakat umum sendiri berdasarkan tinjauan internal partai di lapangan.

"Masyarakat banyak yang ingin menyampaikan aspirasi namun tidak ada kesempatan. Karena banyak partai politik lebih mengedepankan kadernya untuk dimajukan pada Pileg," jelas dia.

 

1 dari 2 halaman

PAN Kurang Kader?

Meski begitu, dibuka untuk umum bukan berarti tanpa seleksi. Nantinya akan dilihat latar belakang, kredibilitas, kapasitas, pendidikan, dan kapabilitas dari si pendaftar.

Eko juga menampik pembukaan pendaftaraan itu lantaran kurangnya kader terbaik dari PAN. Bagi dia, hal itu menjadi bentuk bahwa tokoh dan kader partai serius memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin ikut membangun negara melalui jalur politik.

"Target PAN DKI dapat menempatkan 10 kader di DPRD DKI dan tiga kursi di DPR RI dalam Pileg 2019," Eko menandaskan.

Artikel Selanjutnya
Calon Bupati Ini Lawan Kotak Kosong di Pilkada Enrekang 2018
Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Pasang Calon Peserta Pilkada 2018