Sukses

Polri Waspadai 6 Potensi Kecurangan Pilkada Serentak

Polisi mengidentifikasi sejumlah kecurangan yang kemungkinan terjadi dalam pilkada serentak 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan bahwa polisi mengidentifikasi sejumlah kecurangan yang kemungkinan terjadi dalam Pilkada 2018.

"Ada enam hal kecurangan yang diwaspadai oleh Polri dalam rangkaian Pilkada," kata Kombes Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Ia merinci sejumlah kecurangan tersebut. Pertama, yakni intimidasi, contohnya dengan membuat pemilih takut untuk memilih, tidak mau datang ke TPS.

Kedua, distruption, dengan menimbulkan gangguan-gangguan sehingga menciptakan situasi tidak kondusif saat pemungutan suara.

Ketiga, misinformation, dengan menyebarkan informasi yang tidak benar kepada masyarakat.

Keempat, registration fraud, dengan memanipulasi data sehingga pemilih tidak memiliki hak untuk memilih.

"Kelima, vote buying, contohnya `serangan` fajar. Dan terakhir, ujaran kebencian," ujar Martinus, seperti dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilkada 171 Daerah

Sebanyak 171 daerah akan berpartisipasi dalam Pilkada 2018. Jumlah daerah yang akan ikut pilkada mendatang akan lebih banyak dibandingkan Pilkada 2017, yang hanya diikuti 101 daerah.

Ke-171 daerah tersebut terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten di Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.