Sukses

Megawati: Bung Karno Tak Pernah Klaim sebagai Penemu Pancasila

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan Bung Karno tidak pernah menganggap dirinya sebagai penemu Pancasila. Menurut dia, Pancasila merupakan sebuah falsafah bangsa yang berasal dari jiwa rakyat Indonesia.

"Dalam pidatonya, pada 9 Juni 1945, Bung Karno mengatakan dasar negara Indonesia merdeka adalah Pancasila. Bung Karno tidak pernah meyatakan sebagai penemu Pancasila. Bung Karno hanya seorang penggali Pancasila," ucap Megawati, dalam peringatan HUT PDIP ke-45 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Menurut Mega, Bung Karno mengatakan sila demi sila yang tertuang dalam Pancasila merupakan penggalian dari karakter dan jiwa bangsa Indonesia.

"Penggaliannya Bung Karno dari elemen jiwa bangsa Indonesia. Beliau gali dari jiwa masyarakat Indonesia sendiri," kata dia.

 

1 dari 2 halaman

Harapan Bung Karno

Karena itu, kata Megawati, Bung Karno berharap Pancasila menjadi sebuah falsafah ideologi bangsa yang terus menjadi pedoman.

"Karena digali dari jiwa rakyat Indonesia, Bung Karno menjadikan Pancasila menjadi bintang penuntun yang dinamis," Megawati menandaskan.

Artikel Selanjutnya
Tangisan Megawati di HUT ke-45 PDIP
Artikel Selanjutnya
Kala Megawati Sodorkan Nasi Tumpeng untuk Pimpinan Parpol