Sukses

Megawati: Bung Karno Tak Pernah Klaim sebagai Penemu Pancasila

Menurut dia, Pancasila merupakan sebuah falsafah bangsa yang berasal dari jiwa rakyat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan Bung Karno tidak pernah menganggap dirinya sebagai penemu Pancasila. Menurut dia, Pancasila merupakan sebuah falsafah bangsa yang berasal dari jiwa rakyat Indonesia.

"Dalam pidatonya, pada 9 Juni 1945, Bung Karno mengatakan dasar negara Indonesia merdeka adalah Pancasila. Bung Karno tidak pernah meyatakan sebagai penemu Pancasila. Bung Karno hanya seorang penggali Pancasila," ucap Megawati, dalam peringatan HUT PDIP ke-45 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Menurut Mega, Bung Karno mengatakan sila demi sila yang tertuang dalam Pancasila merupakan penggalian dari karakter dan jiwa bangsa Indonesia.

"Penggaliannya Bung Karno dari elemen jiwa bangsa Indonesia. Beliau gali dari jiwa masyarakat Indonesia sendiri," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Bung Karno

Karena itu, kata Megawati, Bung Karno berharap Pancasila menjadi sebuah falsafah ideologi bangsa yang terus menjadi pedoman.

"Karena digali dari jiwa rakyat Indonesia, Bung Karno menjadikan Pancasila menjadi bintang penuntun yang dinamis," Megawati menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini