Sukses

Temui Penasihat Keamanan India, Wiranto Bahas Kerja Sama Keamanan

Pertemuan merupakan tindaklanjut dari sejumlah kesepakatan antara Indonesia dengan India untuk peningkatan kerjasama kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto melakukan kunjungan kerja ke India.  Di sana, Wiranto bertemu dengan Penasihat Keamanan India, Shri Ajit Kumar Doval dalam acara The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1).

Wiranto mengatakan pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari sejumlah kesepakatan antara Indonesia dengan India untuk peningkatan kerjasama kedua negara.

"IISD-1 ini adalah tindaklanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke India pada tanggal 11 Desember lalu yang tertuang dalam India-Indonesia Joint Statement during the State Visit of President of Indonesia to India," kata Wiranto dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (9/1/2018).

Pertemuan itu, kata Wiranto juga merupakan tindaklanjut hasil pertemuan India-Indonesia Eminent Person's Group di New Delhi pada bulan Desember 2016 yang tertuang dalam bentuk "Vision Statement 2025".

"Diharapkan hasil pertemuan ini dapat mendukung berjalannya implementasi kerjasama ke dua negara di bidang hukum dan keamanan," ujar mantan Ketua Umum Partai Hanura itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Pencegahan Terorisme

Wiranto mengatakan IISD-1 ini juga telah menjadi bagian dari upaya kedua negara untuk meningkatkan kerjasama bilateral Indonesia-Indonesia, terutama dalan penanganan masalah hukum dan keamanan, termasuk isu terorisme dan radimalisme di kawasan.

"Pertemuan ini berlangsung konstruktif dan menghasilkan langkah konkret yang akan ditindaklanjuti kedua oleh negara dalam bidang countering terrorism, keamanan maritim, dan cyber security. Serta kemungkinan adanya kerjasama pertukaran Ulama, cendekiawan dan pelajar Muslim diantara kedua negara," ucap Wiranto. 

Pertemuan ini akan menjadi agenda tetap kerjasama Indonesia - India dan pertemuan selanjutnya akan diadakan di Indonesia.

Hadir dalam pertemuan tersebut Delegasi dari Indonesia yang terdiri dari wakil-wakil dari Kementerian dan Lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.