Sukses

Ratusan Nelayan Tegal Protes Larangan Penggunaan Cantrang

Ratusan nelayan di Brebes dan Tegal, Jawa Tengah melakukan aksi protes terhadap larangan penggunaan alat tangkap cantrang.

Liputan6.com, Tegal - Ratusan nelayan dari berbagai lokasi di Brebes dan Tegal, Jawa Tengah melakukan aksi protes terhadap larangan penggunaan alat tangkap ikan, yakni cantrang. Akibatnya, Jalan Lingkar Utara Kota Tegal sempat lumpuh diblokir pengunjuk rasa.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang Terkini SCTV, Senin (8/1/2018), ratusan orang yang terdiri dari anak buah kapal, nakhoda, pelaku usaha perikanan, juga pemilik kapal penangkap ikan dari Brebes dan Kota Tegal berunjuk rasa. Mereka membawa spanduk dan pamflet bertuliskan bermacam tuntutan.

Mereka berjalan kaki dari kantor Perhimpunan Nelayan Kota Tegal menuju Pelabuhan Tegal Sari. Mereka memprotes larangan menggunakan alat tangkap cantrang yang dianggap merugikan nelayan. Akibat unjuk rasa ini, Jalan Lingkar Utara Kota Tegal sempat lumpuh karena pengunjuk rasa membakar ban bekas di jalur alternatif arah Semarang menuju Jakarta.