Sukses

4 Momen Romantis Ahok Bersama Veronica Tan

Tak ada yang tahu kenapa Ahok menggugat cerai istrinya, Veronica Tan, dan juga meminta hak asuh anak.

Liputan6.com, Jakarta - Beredarnya surat gugatan cerai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terhadap istrinya, Veronica Tan, mengejutkan publik.

Tak hanya menggugat cerai, dalam surat yang ramai beredar Minggu malam, 7 Januari 2018, Ahok juga mengajukan hak asuh anak. Surat gugatan itu cerai itu telah dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jumat 5 Januari 2018 lalu.

Gugatan cerai ini jelas mengejutkan. Pasalnya, Ahok dan Veronica selama ini dikenal sebagai pasangan serasi dan harmonis.

Apalagi Veronica selalu setia menemani Ahok, bahkan di masa-masa sulit mantan Bupati Belitung Timur itu, seperti ketika menghadapi kasus penistaan agama yang kemudian berujung bui.

Tak ada yang tahu kenapa Ahok menggugat cerai Veronica dan juga meminta hak asuh anak.

Meski demikian, Ahok dan Veronica beberapa kali berbagi momen romantis. Berikut empat kenangan romantis Ahok dan Veronica:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Foto Bersama Saat Veronica Ulang Tahun

Ahok sempat mengunggah foto bersama sang istri, Veronica Tan, pada 4 Desember 2016 di akun instagramnya, @basukibtp. Dalam foto hitam putih itu, Ahok nampak tertawa sementara Vero di sisinya tersenyum sembari menggenggam buket mawar. Tak lupa ada kue tart tinggi di hadapan mereka untuk merayakan hari ulang tahun Vero.

"Selamat ulang tahun untuk istri yang selalu setia mendampingi saya, Veronica," tulis Ahok dalam keterangan foto tersebut. Hingga 8 Januari 2018, foto itu disukai 206.117.

Ahok juga tak lupa mengunggah foto hitam putih serupa di akun twitternya pada tanggal yang sama. Kali ini keduanya berpose semi formal dengan rambut vero yang tergerai. Ahok terlihat merangkul bahu istrinya.

"Selamat ulang tahun untuk istri yang selalu setia mendampingi saya, Veronica," cuit Ahok dalam akun twitternya.

 

3 dari 5 halaman

Surat Cinta, Kado Ahok untuk Veronica

Veronica Tan merayakan ulang tahun pernikahannya dengan Ahok bersama kerabat dekatnya dalam sebuah acara tertutup pada 7 September 2017 malam.

Sayangnya Ahok tidak dapat hadir dalam acara tersebut, karena tengah menjalani masa hukuman di penjara. Namun, kehadiran Ahok diwakili oleh surat cinta untuk istrinya, yang ditulis di Mako Brimob Depok. Surat itu dibacakan oleh putra sulung mereka, Nicholas Sean.

Dalam surat tersebut, Ahok bersyukur karena telah dianugerahi Veronica sebagai istri yang berakal budi.

"Untuk Vero istriku,

Sekarang aku harus berterima kasih akan keadaan saat ini, kepada semua pihak yang menyebabkan aku menjadi narapidana dan ditahan langsung tanpa ada proses lebih lanjut.

Tak terbayang jika aku tak ditahan, aku akan terus bekerja seperti dulu sampai Oktober, sampai masa jabatan itu, artinya saya bangun jam 04.30 (kamu memberiku gelar robot) karena semua waktu dihitung tepat agar aku bisa tiba di Balai Kota pukul 07.30 karena sudah banyak warga menunggu, dan kerja nonstop sampai pulang ke rumah sudah pukul 21.

Sabtu-Minggu selain ke kawinan juga selesaikan disposisi surat, dan kadang sampai tengah malam di malam Senin, agar hari Senin tak ada surat yang tertinggal, kamu memberiku gelar robot sudah benar.

Sekarang di hari pernikahan kita ke-20, saya bersyukur bisa ada waktu mengenalmu dan memperhatikan kamu. Dulu aku benar-benar "take it for granted" sampai-sampai anak juga yang kamu ajak jalan dan bicara.

Hadiah terbesar di ulang tahun pernikahan ke-20 adalah aku di dalam tahanan menyadari, betapa beruntungnya pernikahan kita masih utuh dan engkau memaafkan semua kegilaanku bekerja melayani masyarakat, dan meskipun masuk dalam tahanan dan tidak dipilih, tapi aku mendapatkan istri yang mengasihi aku dan anak-anakku kembali. Kalau ada yang salah dalam hubungan suami istri, umumnya yang salah adalah suaminya.

Aku bersyukur di dalam tahanan punya banyak waktu untuk merenung betapa istriku bukan lagi seperti dulu, sekarang sudah dewasa mampu berprestasi dan menjadi perempuan yang penolong bagi saya.

Sungguh benar apa yang dikatakan Amsal Salomo, istri yang berakal budi adalah anugerah Tuhan."

 

4 dari 5 halaman

Tangis Vero Saat Bacakan Surat Ahok

Veronica tak kuasa menahan tangis saat membacakan surat yang ditulis Ahok dari jeruji penjara. Suaranya beberapa kali tercekat. Surat itu berisi alasan Ahok mencabut permohonan banding.

Vero terisak beberapa kali saat membacakan langsung tulisan tangan Ahok. Ia pun berhenti sejenak untuk mengatur napas. Beberapa pengacara Ahok pun berusaha menenangkannya. Adik Ahok, Fifi Lety Indra, yang berada di sampingnya mengusap punggung Veronica. Fifi juga tak sanggup menahan air mata. Berkali-kali dia mengusap matanya dengan tisu.

Peristiwa haru tersebut mengundang simpati warganet. Vero dibanjiri pujian dan doa agar kuat menghadapi cobaan.

 

5 dari 5 halaman

Berkunjung ke Rutan Cipinang

Veronica mendatangi Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Dia menjenguk Ahok yang ditahan setelah divonis dua tahun penjara terkait kasus penodaan agama.

Pantauan Liputan6.com, Selasa 9 Mei 2017, Veronica tiba di Rutan Cipinang memakai baju kemeja putih. Dia langsung masuk ke dalam rutan tanpa berbicara apa pun.

Vero datang bersama adik Ahok, Fifi Lety Indra. Dua menit setelah kedatangan Vero, anak sulung Ahok, Nicholas Sean Purnama tiba di tempat ayahnya ditahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.