Sukses

Pipa Bocor, Warga Sidoarjo Berebut BBM dari Saluran Air SPBU

BBM jenis Pertalite bocor dari sebuah SPBU di Sidoarjo. Warga beramai-ramai mengambil bahan bakar tersebut dari saluran air.

Fokus, Sidoarjo - Ratusan liter bahan bakar minyak (BBM) menggenangi selokan serta sungai di Sidoarjo, Jawa Timur, akibat bocornya jaringan pipa sebuah SPBU. Meski khawatir dengan kondisi ini, warga justru berebut mengumpulkan BBM dari genangan air tersebut.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Senin (8/1/2018), warga Kelurahan Bulu Sidokare, Kota Sidoarjo, berkumpul di selokan dan sungai yang berada di belakang sebuah SPBU di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Kota Sidoarjo. Mereka bukan mencari belut atau ikan, tetapi hendak mengambil BBM  jenis Pertalite dari air selokan.

Mereka memisahkan air dengan BBM tersebut dari jaringan pipa mesin SPBU yang bocor. Warga mengaku mengetahui selokan mereka digenangi BBM jenis Pertalite, setelah mencium bau BBM yang cukup menyengat. Meski mengaku senang dengan tumpahan BBM, namun warga juga merasa was-was dengan kondisi yang rawan terbakar, apalagi selokan mereka sangat berdekatan dengan permukiman. Kejadian bocornya BBM ke selokan warga adalah yang kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir.

Pihak SPBU mengakui adanya kerusakan pada jaringan pipa dispenser untuk mesin pengisian kendaraan roda dua, yang lokasinya berdekatan dengan permukiman warga. Kejadian ini  mengakibatkan 3,7 ton Pertalite bocor ke saluran air dan sungai. Pihak SPBU memperkirakan, kerugian tersebut mencapai ratusan juta rupiah.