Sukses

Pemilik Gedung Kosongkan Paksa Kantor Hannien Tour di Tasikmalaya

Akibat kasus penipuan yang dilakukan Biro Umrah Hannien Tour, ada sekitar 1.800 jemaah umrah yang belum diberangkatkan ke Tanah Suci .

Fokus, Tasikmalaya - Kantor Biro Umrah Hannien Tour di Tasikmalaya, Jawa Barat dikosongkan paksa oleh manajemen Gedung Plaza Asia. Mereka mengaku, pihaknya sudah melayangkan surat pemberitahuan, namun tidak ada balasan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (6/1/2018), kantor yang selama 8 bulan terakhir ini tidak beroperasi telah ditinggalkan para karyawannya. Setelah adanya protes dari calon jemaah umrah yang tak kunjung diberangkatkan.

Kini setidaknya ada 192 jemaah yang belum diberangkatkan. Jumlah korban diduga akan terus bertambah karena ada jemaah umrah dari Ciamis, Banjar, dan Garut yang hingga kini belum ada yang melapor ke polisi.

Sementara itu, Kantor Biro Umrah Hannien Tour di Surabaya juga telah ditutup. Kantor yang menyewa sebuah gerai di pusat perbelanjaan ini telah terkunci rapat dan lampu di dalam ruangan mati.

Penyelidikan kasus Hannien Tour terus dilakukan pihak kepolisian. Setelah tiga hari diburu, dua tersangka selaku Direktur Teknik dan Direktur Operasinal berhasil ditangkap di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Akibat kasus penipuan ini, ada sekitar 1.800 jemaah umrah yang belum diberangkatkan ke Tanah Suci Dengan nilai kerugian yang harus ditanggung para jemaah mencapai Rp 37,8 miliar.