Sukses

Cuaca Ekstrem, Bale Pura di Tabanan Bali Hangus Tersambar Petir

Atap bale kulkul yang terbuat dari ijuk yang mudah terbakar membuat api cepat membesar.

Liputan6.com, Bali - Rekaman video amatir memperlihatkan detik-detik saat petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tabanan berjuang untuk memadamkan api yang telah membakar Bale Kulkul Pura Ibu Kresna Kepakisan di Banjar Tegal Belodan, Desa Dauh Oeken, Tabanan, Bali.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (6/1/2018), peristiwa bermula ketika hujan deras mengguyur, tiba-tiba petir menyambar Bale Kulkul Pura Ibu Kresna Kepakisan dan langsung menimbulkan percikan api. Atap bale kulkul yang terbuat dari ijuk yang mudah terbakar membuat api cepat membesar.

Api akhirnya bisa dipadamkan satu jam kemudian, setelah petugas pemadam kebakaran menerjunkan tiga unit armada. Pasca kejadian, pengurus pura melaksanakan upacara untuk menangkal energi negatif yang timbul.

Selain itu, renovasi balai kulkul akan segera dilakukan karena balai kulkul dalam kehidupan sosial masyarakat Bali digunakan sebagai sarana atau alat untuk mengumpulkan warga desa.

Alat kulkul dibuat dari bahan kayu pilihan dan mempunyai suara yang khas jika dipukul dengan kayu saat mengumpulkan warga dalam upacara agama atau adat.