Sukses

Kepala BIN Budi Gunawan Resmi Pensiun dari Polri

Dalam surat telegram itu ada 13 jenderal bintang satu atau brigjen dan 11 perwira berpangkat kombes yang memasuki masa pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan resmi pensiun dari Polri. Pensiunnya Budi ini tertuang dalam Surat Telegram ST/15/I/2018 tertanggal (5/1/2018) yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Polri Irjen Arief Sulistyanto.

Dalam surat telegram itu, terdapat sejumlah jenderal lainnya yang turun pensiun. Di antaranya adalah Irjen Arief Dharmawan yang bertugas di BNPT. Kemudian ada Irjen Bambang Hermanu yang bertugas pada Wantannas dan Irjen Nicolaus Eko Riwayanto yang ditugaskan sebagai Asisten Staf Khusus Presiden.

Meski telah memasuki masa purna tugas, Jenderal Budi Gunawan tetap masih menjabat sebagai Kepala BIN. Sebab jabatan tersebut tidak termasuk dalam struktur kepolisian.

"Pak Budi Gunawan pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal saat dihubungi di Jakarta, Jumat (5/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rotasi 13 Jenderal

Selain Budi Gunawan, ada juga nama Irjen Satria Firdaus Maseo yang menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Polair Koprs Polairud Baharkam Polri.

Kemudian ada nama Irjen Achmad Syukrani yang ditugaskan pada Lemhanas dan Irjen Erwin Triwanto yang menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Tak hanya itu, dalam surat telegram itu ada 13 jenderal bintang satu atau brigjen dan 11 perwira berpangkat kombes yang memasuki masa pensiun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.