Sukses

Membuat Kue Klepon Ala Pelajar Korsel

Liputan6.com, Surabaya: Kue klepon yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah pelajar asal Busan, Korea Selatan. Selain melakukan kunjungan wisata di sejumlah kawasan di Kota Surabaya, Jawa Timur, mereka juga berkesempatan mengikuti kursus singkat membuat kue klepon.

Mengenakan celemek, para pelajar asal Busan tampak serius mengikuti arahan para guru SMP Al Hikmah Surabaya tentang cara pembuatan kue klepon. Mulai dari menakar tepung ketan dan mencampurnya dengan air daun suji. Setelah kalis, mereka mulai membentuk bulatan-bulatan dan diisi dengan gula merah. Kue klepon mentah ini kemudian direbus dalam air mendidih.

Para pelajar asal Korsel ini menyatakan mendapatkan pengalaman menarik tentang cara membuat kue klepon. "Rasanya ingin mencicipi. Kue ini unik dan mirip dengan kue di negara saya," ujar Kim Kiryung, salah seorang pelajar Korsel.

Menurut para pelajar ini, di negaranya juga ada kue sejenis klepon yang disebut sung pyong. Kue ini biasanya dibuat pada hari-hari tertentu, seperti untuk merayakan pesta ulang tahun dan dimakan ramai-ramai bersama seluruh anggota keluarga.(ADO)