Sukses

PDIP Belum Berpikir Ganti Azwar Anas di Pilkada Jatim

PDIP menanggapi mundurnya Abdullah Azwar Anas dari bakal calon wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, pihaknya belum berpikir menggantikan Abdullah Azwar Anas dengan sosok lain untuk menjadi bakal calon wakil gubernur menemani Saifullah Yusuf dalam Pilkada Jatim. 

keputusan PDIP menyandingkan Azwar Anas dengan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berdasarkan pertimbangann yang matang. Untuk itu, PDIP selalu konsisten dalam pengambilan keputusan itu.

"Keduanya memiliki kinerja yang baik dan membanggakan. Keduanya memiliki wawasan yang luas dan hadir sebagai representasi kepemimpinan profesional dengan akar dukungan rakyat yang sangat kuat. Karena itulah PDI Perjuangan tidak pernah memiliki pemikiran sedikitpun untuk mengganti paslon tersebut," jelas Hasto dalam keterangannya, Jumat (5/1/2018).

Dia menengarai pengunduran diri Azwar Anas lantaran digoyang oleh kelompok tertentu yang memuja kekuasaan. Perilaku politik itu pun disebutnya dapat melupakan etika dan moral serta kecenderungan menghala] segala cara.

"Mereka yang telah kami pilih, dan punya potensi menang, tentu saja secara sengaja dan sistematis dicoba diturunkan elektabilitasnya. Isu yang sering dipakai adalah masalah moral, melalui rekayasa pelanggaran moral; isu korupsi; dan berbagai isu lainnya termasuk ujaran kebencian dan memecah belah antara calon dan parpol pengusungnya,” terang Hasto

Atas berbagai dinamika, PDIP meminta seluruh pasangan calon untuk tetap teguh pada jalan kepemimpinan untuk rakyat. Tak boleh ada pengunduran diri dari pasangan calon tanpa adanya alasanya yang kuat.

"Perubahan hanya bisa terjadi melalui force majure, misal calon berhalangan tetap, atau mengundurkan diri karena tidak diizinkan oleh keluarga dekatnya, atau karena kepentingan yang lebih besar sebelum batas akhir pendaftaran,” kata Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gus Ipul Terkejut

Jelang dibukanya pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Jawa Timur pada 8 Januari 2018, beredar kabar Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri sebagai pendamping Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gus Ipul mengaku terkejut dengan kabar pengunduran diri Anas tersebut. Namun, dia tidak menampik kabar itu. Juga tidak membenarkan secara gamblang

"Nanti Pak Anas sendiri yang akan mengatakan mengenai pengunduran dirinya," tutur Gus Ipul di Surabaya, Kamis (4/12/2017) malam.

 

3 dari 3 halaman

Belum Tahu Alasannya

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti masalah pengunduran diri Anas.

"Saya secara pribadi belum ketemu dan berkomunikasi secara langsung dengan Pak Anas, tetapi ini hanya informasi awal dan Pak Anas sendiri yang nanti berniat menyampaikannya sendiri," kata Gus Ipul.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.