Sukses

SBY Ingatkan KPU Waspada Manipulasi Hasil Pemilu

Di era digital seperti saat ini, pembobolan dan perusakan sistem KPU bisa saja terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap penyelenggara pilkada dan pemilu dapat menjaga integritas dan kualitas kinerja. Sebab, kata dia, baik pilkada maupun pemilu memiliki kompleksitas yang tinggi.

Pemilu kali ini, kata dia, merupakan yang pertama dilaksanakan secara serentak.

"Karena itu, semua penyelenggara pemilu, baik KPU, Bawaslu, maupun DKPP harus merencanakan mempersiapkan dan melaksanakan semua kegiatan pengadaan pemilu dengan baik. Jangan sampai terjadi kesalahan apalagi yang prinsip," ucap SBY di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1/2018).

SBY juga mengingatkan, di era digital seperti saat ini, pembobolan dan perusakan sistem KPU bisa saja terjadi, sehingga hasil pemilu bisa dimanipulasi dan diubah.

"Dalam praktik sekarang, beredar dalam perhitungan suara KPU sering dicurigai konspirasi dengan pihak tertentu. Karena itu, KPU harus transparan dan akuntabel dalam kegiatannya agar setiap langkahnya bisa diikuti masyarakat luas," tandas SBY.

Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.