Sukses

Jazilul PKB: Bamsoet Bagus Jadi Ketua DPR RI

Jazilul mengatakan penentuan kursi Ketua DPR merupakan hak dari Golkar sesuai dengan Undang-undang MD3.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-mundurnya Setya Novanto, posisi Ketua DPR RI hingga kini masih kosong. Sejumlah nama bermunculan sebagai calon pengganti Setya Novanto yang saat ini telah berstatus terdakwa kasus korupsi megaproyek e-KTP.

Anggota Komisi III DPR, Jazilul Fawaid menilai sosok Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang saat ini memimpin Ketua Komisi III dianggap layak menjadi Ketua DPR RI men menggantikan Setya Novanto.

"Bagus," kata Jazilu di Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Anggota Fraksi PKB DPR ini mengatakan untuk kursi Ketua DPR merupakan hak dari Golkar sesuai dengan Undang-undang MD3, sehingga tidak bisa mencampuri urusan internal mereka.

Di samping itu, Jazilul menambahkan siapa pun yang disebut-sebut sebagai calon Ketua DPR dari kader Golkar seperti Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita, Azis Syamsuddin dan lainnya tentu layak untuk mengisi kursi tersebut.

"Semua layak, Golkar banyak stok kader kok," ujar dia.

Sementara Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR, Irma Suryani Chaniago berharap Ketua DPR yang dipilih oleh Golkar nanti bisa betul-betul menjaga soliditas didalam kepemimpinan‎ kolektif kolegial di pimpinan DPR itu sendiri.

"Suka tidak suka posisi DPR sekarang ini terdegradasi dimata publik bahwa DPR kinerjanya buruk, banyak ngomong dan sebagainya‎. Jadi, jangan Ketua DPR itu malah menggunakan posisinya untuk kepentingan parpol sendiri, kan mereka semua mewakili institusi parlemen," kata Irma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan ke Golkar 

Namun, Irma mengaku tidak tahu siapa yang akan dipilih Golkar untuk menjadi Ketua DPR menggantikan Novanto. Apakah Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang, Zainuddin Amali atau Azis Syamsuddin.

"Saya tidak tahu yang akan dicalonkan siapa, bagi NasDem siapa pun yang diputuskan Golkar tentu dia yang terbaik. Kami menghormati apa yang diputuskan oleh Golkar," katanya.

Beberapa nama anggota DPR Fraksi Partai Golkar muncul untuk dicalonkan sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto yang ditahan KPK karena kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Antara lain Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang, Azis Syamsuddin, Zainuddin Amali, Ridwan Hisyam dan lainnya. Namun, kabarnya yang menguat dua nama yaitu Bambang Soesatyo yang sekarang menjadi Ketua Komisi III DPR dan Agung Gumiwang selaku Sekretaris Fraksi Golkar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.