Sukses

SMRC: Elektabilitas Jokowi 53,8 Persen, Prabowo 18,5 Persen

Bila dikomparasi secara head to head, Prabowo masih tertinggal dengan selisih cukup signifikan dari Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Survei Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) menyatakan, elektabilitas Joko Widodo atau Jokowi masih unggul dari calon lain di Pilpres 2019. Hal ini bila responden diberi pertanyaan, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih jadi presiden sekarang ini jika nama-nama berikut maju sebagai calon presiden?

Dalam survei, ada deretan nama Joko Widodo, Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono, Anies Baswedan, Hary Tanoe, Gatot Nurmantyo, dan sejumlah nama lainnya.

"Elektabilitas Prabowo hanya ‎memperoleh 18,5 persen. Ia tertinggal dari Jokowi yang memperoleh 53,8 persen," papar Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan ‎di kantor SMRC, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Bila dikomparasi secara head to head, lanjut Djayadi, Prabowo masih tertinggal dengan selisih cukup signifikan.

"Elektabilitas Prabowo, yaitu 27,1 persen dan Jokowi sebesar 64,1 persen," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swing Voter

Perkasanya Joko Widodo mengungguli sang rival, diperingatkan Djayadi, untuk tetap memperhatikan koresponden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut dia, keberadaan persentase swing voters ini bisa saja membalikkan keadaan karena tensi politik saat ini terbilang masih cair.

"Jadi harus perhatikan ada persentase 8,8 persen yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab, ya," Djayadi menandaskan.

Survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling, dengan margin of error 3,1 persen. Dilakukan pada 7-13 Desember 2017, dan total koresponden 1.220 orang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.