Sukses

Hari Ini Puncak Arus Balik, Cek Kepadatan Lalu Lintas

Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama diprediksi mengalami peningkatan arus.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga memprediksi puncak arus balik tahun baru 2018 jatuh pada hari ini, Senin (1/1/2018). Hal tersebut disampaikan oleh AVP Corporate Communication Dwimawan Heru.

"Akan terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama," kata Heru dalam keterangannya pada Liputan6.com, Minggu (1/1/2017).

Pada periode arus balik tahun baru 2018 tanggal 31 Desember 2017, Jasa Marga mencatat volume lalin arah Jakarta belum terjadi peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan kondisi lalin normal. Berikut detailnya:

- Melalui GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek tercatat volume lalin 65.629 kendaraan. Angka ini naik 15,14 persen dari prediksi sebanyak 57.000 kendaraan, namun turun sebesar 23,69 persen dari lalin normal 86.000 kendaraan.

- Melalui GT Cileunyi Jalan Tol Purbaleunyi tercatat volume lalin 26.758 kendaraan. Angka ini naik sebesar 0,34 persen dari kondisi normal 26.667 kendaraan.

Heru mengimbau seluruh pengguna jalan memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi. Untuk memastikan kelancaran perjalanan, Jasa Marga juga meminta pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

107 Ribu Kendaraan

Lonjakan arus balik libur tahun baru diprediksi mulai terlihat pada awal 2018 ini. Polisi menyebut 107 ribu kendaraan dari Jawa bakal masuk ke Jakarta melalui gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut), Bekasi, Jawa Barat, pada Senin 1 Januari 2017.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa memperkirakan lonjakan arus balik terjadi mulai sore hari.

"Sesuai prediksi Jasa Marga, besok (Senin 1 Januari ini) diperkirakan ada 107 ribu kendaraan yang masuk Jakarta lewat sini mulai pukul 15.00 WIB sampai malam, bahkan sampai tengah malam," ujar Royke saat meninjau arus lalu lintas malam tahun baru di Cikarut, Bekasi, Jawa Barat, Minggu 31 Desember 2017 malam.

Lalu lintas di Gerbang Tol Cikarut sendiri terpantau landai di kedua arah pada akhir 2017. Namun begitu, beberapa masyarakat sudah terpantau mulai balik ke Jakarta.

"Yang masuk terhitung dari pagi sampai sekarang 47 ribu ya, sudah mulai nyicil arus balik nih ya. Lumayan lah biar besok tidak terlalu berat," kata Royke soal arus balik libur tahun baru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.