Sukses

3 Keseruan Nikah Massal di Malam Tahun Baru 2018

Uniknya, ada sebagian pengantin peserta nikah massal yang mengantre untuk berfoto di panggung pelaminan.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pasang pengantin peserta nikah massal mulai memenuhi tenda di Lapangan Parkir Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 31 Desember 2017 malam. Mereka datang untuk mengikat janji suci sebagai pasangan suami istri, yang difasilitasi oleh Pemprov DKI.

Tampak mereka datang lengkap dengan dandanan dan baju pengantin. Senyum semringah pun membingkai wajah mereka.

Pemandangan unik terlihat ketika sebagian calon pengantin mengantre untuk berfoto di panggung pelaminan. Sementara sebagiannya lagi duduk di tenda menunggu prosesi akad nikah sembari berbincang dengan keluarga.

"Mumpung belum ramai, nanti malam pasti antre panjang," ujar salah satu calon pengantin, Rama (23), kepada Liputan6.com di lokasi.

Rama beserta calon istrinya pun santai berpose berbagai gaya. Tak lupa ia mengajak keluarganya juga untuk foto bersama. "Ayo cepat, ada yang nunggu (antre) foto di sini," ucapnya.

Sementara di sebelah kanan panggung, tampak calon pengantin nikah massal lain sudah menunggu giliran untuk berfoto di pelaminan. Rama yang sehari-hari bekerja sebagai pengemudi ojek itu mengaku senang dengan adanya acara nikah massal tersebut.

"Apalagi dapat emas juga hehehe...," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kakek Ikutan Nikah

Nikah massal di Lapangan Parkir Thamrin ini tidak hanya diikuti oleh pasangan muda. Ada juga pasangan yang sudah lanjut usia. Adalah Kakek Boman Husin (66) dan Entur Masuroh (43), warga Kelurahan Kelapa Dua Wetan.

Boman mengaku semula enggan ikut acara nikah massal pada malam tahun baru ini. "Saya malu, kan awalnya sudah (berumur) gini," kata Boman.

Ia bersama istrinya sudah menikah secara agama selama 10 tahun. Namun, karena ada masalah administrasi, dia belum menikah secara resmi di catatan sipil.

Sebelum memutuskan ikut nikah massal, Boman mengaku terus dibujuk oleh petugas kelurahan agar mau ikut.

"Orangnya gigih ngajakin. Ayo Pak, ayo, dia bolak-balik datang. Akhirnya saya mau juga ikut," tutur Boman.

3 dari 4 halaman

Dinikahkan 110 Penghulu

Pemprov DKI Jakarta menggelar acara nikah massal untuk memeriahkan perayaan malam tahun baru 2018. Acara nikah massal dimulai pada pukul 20.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

"Melalui nikah masal itu, kami menginginkan agar setiap pasangan yang menikah memiliki kelengkapan surat atau administrasi yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA), bukan hanya melangsungkan pernikahan secara syariat," kata Asisten Pemerintahan Sekda DKI Bambang Sugiyono.

Untuk menunjang acara tersebut, menurut dia, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 110 penghulu yang akan mengurus surat-surat administrasi pernikahan bagi seluruh mempelai.

"Akan ada kurang lebih 500 pasangan yang akan mengikuti acara nikah massal tersebut. Dari tiap-tiap kelurahan, terdiri dari dari dua pasangan. Dalam acara itu, kami juga siapkan 110 penghulu," ujar Bambang.

4 dari 4 halaman

Anies-Sandi Saksi

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, menghadiri pernikahan massal Pemprov DKI di Lapangan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Tak hanya memberi sambutan, Anies-Sandi juga menjadi saksi nikah dua pasangan pengantin. Total pasangan yang menjadi peserta nikah massal pada acara hari ini adalah 437 pasangan.

"Alhamdulillah sah," kata Anies di lokasi.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan, nikah massal ini merupakan hal baru dalam merayakan tahun baru. Nantinya, lanjut dia, warga tak hanya menyambut tahun baru, tapi juga pasangan baru.

"Setiap malam tahun baru kita berkumpul dan menyambut tahun berikutnya. Kita bukan hanya menyambut tahun baru, tapi juga menyambut pasangan baru di Jakarta," ucap Anies.

Kepada 437 pasang suami-istri baru, Anies mengatakan, nikah massal ini merupakan kesempatan Pemprov untuk menunaikan kewajibannya, terutama bagi warga kurang mampu. Ia juga mendoakan agar pengantin menjadi pasangan yang langgeng.

"Kewajiban kami memastikan warga Jakarta mendapat pengakuan sebagai suami-istri, sehingga memudahkan proses administrasi ke depannya. Semoga menjadi pasangan yang sakinah, mawadah, warahmah," terang Anies..

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

[vidio:](https://www.vidio.com/watch/1228801-antusiasme-warga-jakarta-ikuti-nikah-massal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini