Sukses

Gong dan Tahun Baru 2018 di Kampung Jokowi

Perayaan malam tahun baru 2018 di Solo berlangsung meriah, meskipun tanpa pesta kembang api dan petasan.

Liputan6.com, Solo - Perayaan malam tahun baru 2018 di Solo berlangsung meriah, meskipun tanpa pesta kembang api dan petasan. Pesta pergantian tahun di kampung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu ditandai dengan penabuhan gong secara serentak.

Malam perayaan pergantian malam tahun baru di Solo dipusatkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Di jalan tersebut diberlakukan car free night mulai dari perempatan Purwosari hingga Bundaran Gladag.

Car free night dimulai sekitar pukul 21.00 WIB. Semua kendaraan bermotor dilarang masuk di sepanjang jalan protokol itu. Kawasan tersebut pun dipadati ribuan masyarakat yang ingin merayakan tahun baru 2018 di Solo.

Untuk memanjakan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendirikan panggung hiburan di 5 titik. Panggung itu berdiri di depan Diamon, Solo Grand Mall, Sriwedari, Ngarsapuro dan Gladag. Masing-masing panggung mementaskan pentas kesenian mulai dari tradisional hingga modern.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memukul gong. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Di sepanjang jalur penyelenggaraan car free night terdapat 75 gong. Keberadaan gong tersebut untuk mengganti kembang api dan petasan yang dilarang dinyalakan di Solo saat malam tahun baru 2018.

Sebelum pemukulan gong dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pembacaan doa yang dipimpin dari masing-masing tokoh agama. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat jam menunjukkan pukul 00.00 WIB.

Pemukulan gong tersebut dilakukan secara serentak di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Selain wali kota, pemukulan gong di panggung hiburan utama di Ngarsapuro juga dilakukan oleh Wakil Wali Kota Achmad Purnomo dan jajaran Muspida Solo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Nekat

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, sangat mengapresiai warga yang tidak melakukan pesta kembang api dan menyalakan petasan pada malam tahun baru ini. Meski masih ada beberapa warga yang nekat menyalakan kembang api.

"Hanya ada satu dua saja. Yang penting pada malam tahun baru ini sudah bisa diminimalisasi warga yang melakukan pesta kembang api dan petasan," kata Hadi, di Solo usai perayaan malam tahun baru, Senin (1/1/2018) dinihari.

Sebagai ganti pesta kembang api, dikatakan dia, dilakukan pemukulan gong di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Ada 75 gong yang dipukul secara serentak saat malam pergantian tahun baru.

"Tahun ini tanpa pesta kembang api tapi lebih mengembangkan dengan kegiatan budaya memukul gong," ucap Hadi.

3 dari 3 halaman

Melestarikan Budaya

Selain itu, pria yang akrab disapa Rudy itu mengungkapkan dengan pemukulan gong menujukkan Solo merupakan kota budaya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga dan melestarikan gong sebagai salah satu alat musik tradisional.

"Kita ingin mengembangkan supaya budaya Kota Solo lebih dikenal masyarakat. Salah satunya dengan melestarikan gong itu," kata Rudy.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.