Sukses

Kakorlantas: CFN Ampuh Atasi Kemacetan Malam Tahun Baru

Kepadatan jalanan bisa teratasi dengan adanya kebijakan car free night (CFN) atau malam bebas kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa memantau arus lalu lintas di sejumlah titik Ibu Kota dan sekitarnya saat malam tahun baru 2018. Lalu lintas di Tol Jagorawi dan Cikampek terpantau lengang di kedua arah.

Beberapa ruas jalan di Ibu Kota juga terpantau lengang. Keramaian hanya terlihat di sekitar Monas dan Taman Impian Jaya Ancol. Kendaraan terpantau ramai lancar.

Royke mengatakan, kepadatan di seluruh wilayah Indonesia saat ini berada di jantung kota. Kendati demikian, kepadatan bisa teratasi dengan adanya kebijakan car free night (CFN) atau malam bebas kendaraan.

"Di beberapa titik di kota pasti ada kepadatan, namanya juga tahun baru. Bagaimana ini kita minimalkan. Contohnya dengan car free night, ini sangat mengurangi kepadatan," ujar Royke di Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2017) malam.

Ia menuturkan, Mabes Polri telah mengimbau seluruh wilayah agar melaksanakan CFN saat malam tahun baru. Sebab, CFN diyakini menjadi salah satu jurus jitu menekan angka kemacetan saat malam pergantian tahun.

"Ini kan bisa mengakomodir masyarakat yang ingin menikmati malam tahun baru dengan leluasa. Coba kalau semisal nggak ada CFN, pasti sekitar Monas macet parah," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beberapa Kota Besar

Jenderal bintang dua itu mengklaim, beberapa kota besar di seluruh Indonesia telah memberlakukan CFN saat menyambut malam pergantian tahun.

"Sebagian besar kota, bahkan Papua Barat itu ada CFN, di Manokwari dan Sorong. Luar biasa ya itu," ucap Royke sambil tersenyum.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah ruas jalan di Ibu Kota terpantau lengang sekitar pukul 23.00 WIB. Kepadatan mulai terlihat di sekitar Jalan Medan Merdeka, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Sudirman (sekitar jalur CFN).

Meski begitu, kendaraan tetap terpantau ramai lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan yang berarti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.