Sukses

Kakorlantas Ungkap Sebab Jalur Puncak Lengang Jelang Tahun Baru

Arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat lancar jelang ditutupnya jalur saat pergantian tahun.

Liputan6.com, Bogor - Arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat lancar jelang ditutupnya jalur saat pergantian tahun. Kendaraan dari kedua arah mengalir lancar, tidak seperti akhir pekan maupun libur panjang lainnya.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, lalu lintas di Puncak lancar karena ada beberapa faktor. Di antaranya, masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya memilih melintasi jalur tersebut satu hari sebelum malam pergantian tahun.

"Seperti semalam (Sabtu malam), arus lalu lintas padat. Artinya mereka berangkat menuju Puncak dan Cianjur itu sejak kemarin," kata Royke, Minggu (31/12/2017).

Selain itu, banyak masyarakat yang memilih menggunakan jalur alternatif untuk ke lokasi tujuan. Ia juga menganggap bahwa masyarakat telah mengetahui informasi terkait adanya penutupan jalur Puncak.

"Perkiraan saya menjelang jam enam sore padat. Masyarakat sudah pintar. Sudah bisa mengatur ritme untuk keluar daerah," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Kemacetan

Meski demikian, Royke mengingatkan jajarannya untuk tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan arus kendaraan di jalur Puncak pascapergantian tahun.

"Biasanya warga Jakarta yang sudah merayakan tahun baru di Monas atau di tempat lain biasanya langsung mengarah ke Puncak pakai motor," terang Royke.

 

3 dari 3 halaman

Pertemuan Dua Arus

Adanya pertemuan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak maupun dari arah sebaliknya akan berdampak terjadinya kemacetan.

"Terjadinya persinggungan antara kendaraan yang ke atas dengan ke bawah, yang mau pulang ini bisa membuat kendaraan terkunci," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.