Sukses

Ini Lokasi Bus Toilet Malam Tahun Baru di Kawasan Thamrin

Selain bus toilet, Sugiarto mengaku pihaknya juga akan menyiagakan puluhan petugas untuk pengoperasian bus-bus toilet ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta menerjunkan bus toilet di beberapa titik di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sarana ini difungsikan untuk warga yang akan menikmati pergantian malam Tahun Baru di kawasan jalan protokol tersebut.

Pemprov DKI Jakarta memberlakukan car free night di sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman. Bersamaan dengan itu pula diselenggarakan gelaran nikah massal di Lapangan Parkir MH Thamrin 10, Jakarta Pusat.

"Kami menyiapkan 3 bus toilet, 1 bus tangki air bersih, dan 1 bus tangki air kotor," ujar Koordinator Lapangan Dinas Lingkungan Hidup DKI Sugiarto di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2017).

Bus-bus toilet ini diparkirkan di sisi kanan dan kiri panggung pelaminan nikah massal. Menurut Sugiarto, tiga unit bus toilet ini dapat digunakan ribuan pengunjung yang diperkirakan akan membludak saat perayaan malam tahun baru nanti.

"Biasanya tiga bus toilet ini cukup untuk melayani sekitar 5.000 kali penggunaan, tapi kan enggak semua pengunjung akan menggunakan bus toilet ini, semoga cukup untuk acara nanti malam," ucapnya.

Selain bus toilet, Sugiarto mengaku pihaknya juga akan menyiagakan puluhan petugas untuk pengoperasian bus-bus toilet ini.

Pantauan Liputan6.com, jalan masuk ke Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat sudah mulai ditutup. Petugas kepolisian nampak berjaga di sekitar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disebar di Beberapa Titik

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa Adji mengatakan, fasilitas mobil toilet disediakan demi kenyamanan para pengunjung di sejumlah lokasi saat merayakan malam tahun baru.

"Dengan adanya toilet mobil diharapkan warga Ibu Kota bisa menikmati malam pergantian tahun dengan aman dan nyaman. Total kami mengerahkan 11 unit jenis bus toilet VIP, 5 unit jenis toilet container, 2 unit truk tanki air kotor dan 6 unit truk tanki air Bersih," kata Isnawa saat dikonfirmasi, Minggu (31/12/2017).

Selain di area nikah massal, bus toilet juga diparkirkan di lokasi panggung hiburan, Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

"Sedangkan di lokasi Panggung Hiburan Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat dikerahkan 1 Bus Toilet VIP dan Tangki Air Bersih. Di lokasi Panggung Hiburan depan Gedung Jaya, Jakarta Pusat ada 1 unit Bus Toilet VIP," ujar Isnawa.

Bukan hanya itu di kawasan Thamrin-Sudirman, bus toliet juga disebar di beberapa titik, seperti di Danau Sunter, Jakarta Utara di mana digelar acara Bakar Ikan Masal dipasang 1 unit Bus Toilet VIP.

Sementara di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat disiagakan 1 unit Bus Toilet VIP dan 1 unit Tangki Air Bersih. Di Taman Mini Indonesia Indah ditugaskan 1 unit Bus Toilet VIP dan di Setu Babakan, Jakarta Selatan tersedia 1 unit Bus Toilet VIP.

"Toilet-toilet mobile ini sebagai tambahan dari toilet permanen yang memang sudah ada di lokasi acara dan toilet portabel yang disiapakan panitia di tiap lokasi," Isnawa memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini